Teddy Minahasa soal Kenal Linda: Dulu Sering Spa di Hotel Classic Selesai Kuliah

1 Maret 2023 11:20
·
waktu baca 2 menit
Terdakwa kasus peredaran narkotika Irjen Pol Teddy Minahasa saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta, Kamis (23/2/2023). Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
ADVERTISEMENT
Irjen Teddy Minahasa mengaku mengenal Linda Pujiastuti alias Anita Cepu sekitar tahun 2005 saat dirinya sedang menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan Teddy saat dihadirkan sebagai saksi mahkota untuk Linda Pujiastuti dan AKBP Dody Prawiranegara dalam sidang di PN Jakarta Barat pada Rabu (1/3).
Awalnya, hakim bertanya kepada Teddy terkait hubungannya dengan Dody dan Linda. Teddy mengatakan, dia mengenal Dody saat berdinas di Polda Sumatera Barat. Dody adalah bawahannya.
"Ketika itu Saudara [Teddy] Kapolda, Dody sebagai apa?" tanya hakim.
"Kapolres Bukittinggi lalu mutasi ke Kepala Biro Pengadaan dan Logistik Polda Sumbar," jawab Teddy.
Lalu hakim bertanya terkait dengan pertemuan Teddy dengan Linda. Dia mengatakan, pertama mengenal Linda di sebuah tempat spa populer di Jakarta.
"[Kenal Linda] Sekitar tahun 2005 atau 2006. Saat saya kuliah di UI, saya dan teman-teman saya sering kalau selesai kuliah itu sauna atau spa di Hotel Classic Pecenongan," terang Teddy.
Linda Pujiastuti, tersangka kasus peredaran narkoba saat digelandang untuk dikembalikan ke sel tahanan Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (11/1). Foto: Ananta Erlangga/kumparan
Teddy melanjutkan, pada tahun 2007 Linda mengenalkan Teddy dengan suaminya untuk urusan bisnis benda antik.
ADVERTISEMENT
"2007 tidak ada komunikasi, saya (sekolah) Sespim dan tour of area. Sampai 2019 Saudara Anita [Linda] menghubungi saya untuk urusan info penyelundupan narkotika," ucapnya.
"Kemudian 2019 bulan Oktober itu karena informasinya tidak valid tidak ada komunikasi lagi," lanjut Teddy.
Pada tahun 2022, Teddy menerangkan, Linda kembali menghubunginya untuk menawarkan penjualan pusaka ke Brunei Darussalam.
"Di 2022, yang bersangkutan [Linda] masih ingin menawarkan proyek penjualan pusaka ke Raja Brunei Darussalam," imbuh Teddy.
Dalam sidang tersebut, hakim juga bertanya kepada Teddy terkait berapa lama dia menjabat sebagai polisi. Teddy mengaku, di tahun ini dia telah menjabat sebagai polisi selama 30 tahun.
"Sudah berapa lama mengabdi sebagai anggota Polri?" tanya hakim.
"Tahun ini menginjak 30 tahun, Yang Mulia," jawab Teddy.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, kesaksian mengejutkan muncul dalam persidangan Irjen Teddy Minahasa di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Linda Pujiastuti alias Anita mengaku punya hubungan spesial dengan jenderal polisi bintang dua itu.
Pengakuan soal hubungan spesial itu langsung disampaikan Linda di awal persidangan. Saat itu, hakim menanyakan soal identitas serta perkenalannya dengan Teddy Minahasa yang duduk di kursi terdakwa.
"Ada hubungan keluarga [dengan Teddy Minahasa]?" tanya hakim.
"Tidak ada, tapi kami ada hubungan khusus dan spesial," jawab Linda.