Teka-teki Identitas Artis R yang Terseret Kasus Pencucian Uang Rafael Alun

31 Maret 2023 9:03
·
waktu baca 3 menit
comment
9
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rafael Alun Trisambodo usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
Mencuat sosok artis berinisial R dalam pusaran kasus dugaan pencucian uang eks pejabat di Ditjen Pajak Rafael Alun. R ini disebut turut terlibat dalam pencucian uang yang dilakukan Rafael.
ADVERTISEMENT
Kemunculan pria berinisial R ini berdasarkan keterangan dari Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus. Ia mengaku telah menyampaikan berbagai data ke KPK.
Menurutnya, R cukup terkenal dan tinggal di Jakarta.
"R tersebut laki-laki. Orang kaya baru. Di Jakarta ini tinggalnya. Dia sangat dikenal," ujarnya baru-baru ini.
Namun, Iskandar enggan membeberkan lebih lanjut pria berinisial R yang diduga terlibat pencucian uang itu.
Tak hanya itu saja, Iskandar juga menyebut Rafael terhubung dengan bisnis besar lainnya. Bisnis itu berkaitan dengan besannya. Mulai dari bisnis produksi bahan bangunan hingga properti.
Iskandar berharap agar KPK bisa menyelidiki lebih dalam hubungan antara Rafael dan besannya.
"Agar koneksi antara Rafael dan besannya yang juga adalah selebritis diperiksa lebih jauh, karena akan terkoneksi dengan bisnis-bisnis yang ada di lingkungan itu," ucapnya.
ADVERTISEMENT

Siapa R?

Iskandar tak membeberkannya. Namun, diketahui Rafael memiliki empat anak. Mereka adalah Angelina Embun Prasasya, Christopher Dhyaksa Dharma, Mario Dandy Satriyo, dan yang keempat tak diketahui identitasnya.
Angelina telah menikah dengan Jeremy Imanuel Santoso. Ia merupakan manajer Rans PIK Basketball yang didirikan oleh perusahaan Raffi Ahmad.
Pernikahan Angelina dan Jeremy dihadiri oleh Anya Geraldine, Sean Gelael, hingga Gading Marten. Angelina dan Jeremy juga memiliki circle pertemanan dengan artis dan selebgram Indonesia.
Mengenai artis inisial R yang dikaitkan dengan kliennya, manajer Raffi Ahmad, Prio, membantah. Ia mengatakan bahwa Raffi tak mungkin terlibat dalam pencucian uang.
"Aku baru tahu kabar itu. Aku enggak tahu, belum pernah dengar apa-apa, untuk sementara enggak ada apa-apa juga. Enggak mungkinlah (Raffi terlibat pencucian uang)," kata Prio ketika dihubungi kumparan, Kamis (30/3).
ADVERTISEMENT

KPK Usut Sosok Artis Inisial R

Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Saat ini Rafael sudah berstatus sebagai tersangka KPK. Dia diduga menerima gratifikasi hingga puluhan miliar selama menjabat di Ditjen Pajak pada 2011-2023.
Penelusuran terkait kasusnya masih terus dilakukan KPK. Termasuk mendalami siapa sosok R yang disampaikan oleh Iskandar.
"Ini inisial R itu siapa? Ini sedang kita dalami. Inisial R apakah R itu huruf depannya, ataukah itu ada di tengah atau ada di ujung. Seperti itu," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur, Kamis (30/3).

Kasus Rafael Alun

Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (kiri) dan istrinya Ernie Meike (kanan) berjalan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Kasus yang sedang diusut KPK merupakan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Dirjen Pajak Kemenkeu RI tahun 2011-2023. Alun dijerat dalam kasus tersebut.
Belum diketahui konstruksi perkara yang menjerat Alun ini. Namun kasus yang menjeratnya bermula saat harta kekayaannya disorot publik. Alun melaporkan punya harta Rp 56 miliar ke KPK. Sorotan ke Alun ini tak terlepas dari peristiwa penganiayaan yang dilakukan anaknya, Mario Dandy, kepada David Ozora. KPK lalu memeriksa terkait LHKPN Alun yang berjumlah Rp 56 miliar itu.
ADVERTISEMENT
Kasus itu terus berkembang. Sejumlah kejanggalan harta terkait dengan Alun kemudian menjadi sorotan. Termasuk aset seperti motor Harley hingga Rubicon serta sejumlah rumah dan juga kepemilikan saham atas nama istri.
PPATK mengungkapkan transaksi janggal Alun pada 2019-2023 mencapai Rp 500 miliar.
Alun sudah pernah diklarifikasi oleh Direktorat LHKPN KPK. Akhirnya, kasus ini masuk tahap penyelidikan. Kini status kasusnya kembali naik menjadi penyidikan. Dia jadi tersangka KPK.