kumparan
29 Juli 2019 18:17

Tentang 2 Putra Kabareskrim yang Lolos Akpol dengan Nilai Terbaik

Irjen Idham Aziz
Komjen Idham Aziz Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Kabareskrim Polri Komjen Idham Aziz patut berbangga. Sebab, kedua putranya sama-sama menjadi taruna Akademi Kepolisian peraih nilai tertinggi dalam seleksi di tahun yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Putra pertama Idham, Ilham Urane Aziz, berhasil meraih nilai terbaik dalam seleksi Akpol tahun 2017.
Berdasarkan data resmi dari bagian SDM Polri tahun 2017, Ilham meraih nilai rata-rata 80,81 dalam seleksi akademik. Seleksi itu terdiri dari tes potensi akademik dan bahasa Inggris.
Ilham menjadi peserta terbaik dari 331 peserta lainnya di tahap tes akademik tersebut. Kala itu Idham yang masih menjadi Kapolda Metro Jaya mengaku bangga dengan hasil itu.
Di tahun ini, putra kedua Idham, Irfan Urane Aziz, juga mengikuti seleksi Akpol. Lulusan SMA Taruna Nusantara 2019 itu berhasil meraih peringkat tertinggi dalam akademis dan jasmani.
Irfan menjadi yang terbaik dari 264 calon taruna yang telah mengikuti 7 rangkaian tahapan seleksi.
ADVERTISEMENT
Irfan sebelumnya juga berkali-kali menjadi juara olimpiade internasional. Ia juga meraih nilai sempurna p(100) pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 untuk pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.
Lulusan Taruna Akpol 2019
Lulusan Taruna Akpol 2019. Foto: Dok. Polri
Menanggapi keberhasilan dua putranya, Idham mengaku sangat bangga. Apa yang ditorehkan anak-anaknya saat seleksi berhasil melangkahi penyampaiannya.
Sebagai informasi, Idham pernah gagal lolos seleksi Akpol sebanyak dua kali setelah lulus SMA pada tahun 1982.
"Ya sebagai ayah saya tentu bangga dengan pencapaian dia," kata Idham Aziz kepada kumparan, Senin (29/7).
Menurut Idham, sudah sepantasnya sebagai orang tua ia memberikan yang terbaik untuk anaknya. Soal hasil, semua dikembalikan ke kemampuan dan semangat Irfan.
"Kewajiban saya menyiapkan anak-anak yang terbaik untuk masa depannya," ungkap dia.
ADVERTISEMENT
Kedua anak Idham sejak kecil ingin mengikuti jejak sang ayah berkarier sebagai prajurit Bhayangkara. Untuk mendukung cita-cita buah hati, Idham menggembleng kedua anaknya sejak dini agar hasilnya maksimal.
"Disiapkan dengan baik, dari sisi akademis. Selain menyiapkan akademisnya, juga disiapkan fisik dan mentalnya sehingga dia mampu melewati semua tahapan tes," tutur eks Kapolda Metro Jaya itu.
Terkait prestasi putra dari Idham Aziz ini, Polri menjamin semua berjalan apa adanya. Tidak ada kongkalikong dan sejenisnya.
"Enggak ada (intervensi). Memang baik sekali, sesuai dengan hasil seleksi, kakaknya juga sekarang sudah jadi taruna Akpol," kata Asisten Sumber Daya Manusia (AsSDM) Polri Irjen Pol Eko Indra Heri kepada kumparan, Senin (29/7).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan