kumparan
30 Okt 2017 19:54 WIB

Terima 60 Ribu Blangko e-KTP, Bima Arya Pastikan Seminggu Tuntas

Blanko e-KTP di Bogor (Foto: Instagram/@bimaaryasugiarto)
Wali Kota Bogor, Bima Arya, akhirnya menerima 60 ribu blangko e-KTP dari Ditjen Dukcapil Kemendagri, setelah dia mengeluhkan kekurangan blangko e-KTP itu lewat media sosial Instagram. Bima memastikan blangko yang sudah diterima akan diberikan kepada warga.
ADVERTISEMENT
Bima Arya mengumumkan blangko e-KTP yang sudah diterima itu melalui Instagramnya @bimaarya, Senin (30/10). Tak hanya blangko, Kota Bogor juga menerima 4 mesin cetak e-KTP.
"Warga Bogor, 60 ribu blangko e-KTP sudah siap. Ada 4 mesin cetak yang siap mencetak KTP. Jadi bagi yang sudah merekam datanya sebelum 2017, terakhir Desember 2016, insyaallah segera dicetak beberapa hari dan maksimal 1 minggu bisa tuntas semua," ucap Bima Arya dalam video di Instagramnya.
"Bagi yang rekam Januari 2017, masih harus tunggu konfirmasi dari pusat untuk siap cetak," imbuhnya.
Dalam video itu, Bima Arya berdialog dengan seorang petugas Dukcapil untuk memastikan pencetakan e-KTP.
"(Pencetakan) Ini sampai jam berapa?" tanya Bima Arya.
"Sampai malam, Pak. Dibagi dua shift. Jadi ada petugas malam, shift siang, shift malam," jawab si petugas.
ADVERTISEMENT
"Target yang 20 ribu bisa selesai?" tanya Bima lagi. "Insyaallah hari Kamis selesai," jawab si petugas.
Loading Instagram...
Postingan itu memicu komentar mereka yang selama ini e-KTPnya belum jadi. Tapi ada yang menarik, karena tak hanya warga Kota Bogor yang menagih e-KTP, warga Kabupaten Bogor juga ikut nimbrung di IG Bima Arya menagih e-KTP.
"Akang-akang, teteh, agar dipahami saya teh wali kota, bukan bupati. Wilayah kerja saya mah wilayah Kota Bogor. Ari Leuwiliang, Jasinga, Cileungsi, Citeureup eta mah kabupaten. Mangga dikontak dinas terkait di kabupaten. Hatur nuhun," tulis Bima di kolom komentar.
Sebelumnya, Bima Arya menyampaikan banyak warga Kota Bogor yang mengeluhkan e-KTP-nya belum jadi, padahal sudah rekam. Setelah dicek, ternyata Kota Bogor hanya punya stok 12 ribu blangko e-KTP, sementara yang dibutuhkan 60 ribu.
ADVERTISEMENT
kumparan (kumparan.com) melanjutkan keluhan itu kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, yang direspons positif dengan menyediakan blangko sesuai yang dibutuhkan Kota Bogor.
"Besok pagi saya penuhi 60 ribu untuk dihabiskan dalam waktu 2 minggu berani enggak," ucap Zudan, Rabu (25/10).
"Cetak semua dan bagi ke masyarakat dalam waktu cepat. Ayo Mas Bima saya penuhi semua permintaan Mas dan penuhi permintaan saya, deal ya," imbuhnya.
Loading Instagram...
Blangko e-KTP untuk Kota Bogor itu disiapkan dan akhirnya diterima Bima Arya. Dirjen Dukcapil menantang agar dihabiskan dalam 2 pekan, tapi Bima menyanggupi akan dibagikan semua e-KTP itu dalam sepekan kepada warga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan