News
·
24 April 2020 4:40

Terkait Kolam Renang, Dewan Etik KPAI Minta Sitti Mundur atau Diberhentikan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Terkait Kolam Renang, Dewan Etik KPAI Minta Sitti Mundur atau Diberhentikan (24080)
Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty (kanan), memberikan keterangan kepada wartawan mengenai proses Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 PB Djarum di Purwokerto, Senin (9/9). Foto: ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Dewan Etik yang dibentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah mengambil keputusan terhadap nasib Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty. Diketahui sebelumnya pernyataan Sitti yang menyebut bercampurnya pria dan wanita di kolam renang bisa membuat hamil menimbulkan polemik.
ADVERTISEMENT
Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Dewan Etik menyatakan Sitti telah melanggar kode etik sebagai pejabat publik.
Dewan Etik itu dipimpin mantan Hakim MK, I Dewa Dewa Gede Palguna; mantan pimpinan Komnas HAM, Stanley Adi Prasetyo; dan mantan Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ErnantiWahyurini.
"Komisioner terduga SittiHikmawatty sebagai pejabat publik telah melakukan pelanggaran etik yang berlaku bagi jabatan publik yang diembannya sebagai anggota KPAI," tulis pernyataan Dewan Etik KPAI kepada wartawan, Jumat (24/4).
Selain itu, Dewan Etik memberikan dua rekomendasi kepada KPAI untuk memutuskan nasib Sitti melalui rapat pleno.
"(Pertama merekomendasikan agar) rapat pleno KPAI meminta kepada komisioner terduga saudari SH (Sitti Hikmawatty) secara sukarela mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota KPAI," tulis Dewan Etik.
ADVERTISEMENT
"(Kedua merekomendasikan agar) rapat pleno KPAI mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia untuk memberhentikan tidak dengan hormat terkait komisioner terduga saudari SH dari jabatannya sebagai Komisioner KPAI," tambahnya.
Dewan Etik berkesimpulan pernyataan Sitti soal kolam renang berbuntut polemik. Pernyataannya tidak hanya mendapat sorotan dari masyarakat nasional, tetapi juga internasional. Sehingga berdampak negatif terhadap KPAI termasuk Sitti.
Terkait Kolam Renang, Dewan Etik KPAI Minta Sitti Mundur atau Diberhentikan (24081)
Dewan Etik KPI rekomendasikan pemberhentian Sitti Hikmawatty. Foto: Istimewa
-----
Simak panduan lengkap dalam menghadapi pandemi corona dalam Pusat Informasi Corona. Sebuah inisiatif yang dirancang kumparan untuk membantu masyarakat Indonesia.
-----
ADVERTISEMENT
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.