News31 Oktober 2019 19:09

Teroris Boko Haram Culik Dokter dan Suster

Konten Redaksi kumparan
Teroris Boko Haram Culik Dokter dan Suster (23348)
Ilustrasi Boko Haram. Foto: Reuters/Emmanuel Braun
Kelompok teroris Boko Haram menculik seorang dokter, suster, dan sopirnya di bagian barat Chad. Wilayah itu dikenal sebagai daerah tempat Boko Haram beroperasi.
ADVERTISEMENT
Sumber Pemerintah Chad menyebut, penculikan terhadap staf medis baru pertama kali dilakukan Boko Haram. Sebelumnya, Boko Haram kerap menculik warga desa khusus perempuan.
Gubernur Provinsi Tchoukouliya, Nouki Charfadine, mengatakan penculikan terjadi ketika tim medis itu berada dalam perjalanan menuju utara Danau Chad pada Rabu (30/11) waktu setempat.
"Penculik menculik mereka lalu membawa tawanan dengan perahu bermotor ke arah danau," kata Charfadine seperti dikutip dari AFP, Kamis (31/10).
Beberapa pulau yang ada di danau merupakan tempat latihan Boko Haram. Danau Chad terletak di perbatasan, Nigeria, Niger, Chad, dan Kamerun.
Seorang anggota militer Chad, yang namanya dirahasiakan, mengatakan seluruh tawanan adalah staf rumah sakit di Bagassoula. Seluruhnya adallah warga Chad.
"Mereka dicegat oleh Boko Haram, kami diberitahu oleh warga lokal setelah melihat mobil yang seluruh pintunya terbuka," papar sumber tersebut.
ADVERTISEMENT
Saat ini seluruh elemen militer Chad telah dikerahkan untuk mencari seluruh staf rumah sakit.
Boko Haram adalah kelompok teroris yang menjadi momok menakutkan di wilayah Afrika barat, khususnya di Nigeria dan beberapa negara tetangganya. Operasi pemberantasan Boko Haram telah menyebabkan 35 ribu nyawa melayang.
Akibat aksi kekerasan Boko Haram, di tahun ini saja, sudah 140 ribu orang yang kehilangan tempat tinggal. Sedangkan tiga juta orang terancam kelaparan lantaran tanah pertaniannya dirusak Boko Haram.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white