News
·
21 Juli 2021 19:55
·
waktu baca 2 menit

Tes Corona Menurun 3 Hari Terakhir, Hanya 5 Daerah yang Capai Target di Atas 90%

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tes Corona Menurun 3 Hari Terakhir, Hanya 5 Daerah yang Capai Target di Atas 90% (116444)
searchPerbesar
300 santri di Pondok Pesantren di Depok jalani tes corona. Foto: Dok. Istimewa
Kasus konfirmasi harian corona beberapa hari terakhir ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh angka testing yang juga terbilang menurun.
ADVERTISEMENT
Hari ini saja, penambahan kasus tercatat sebanyak 33.772 dari 153.330 spesimen. Padahal 4 hari yang lalu yakni pada 17 Juli 2021 tercatat kasus mencapai 51.925 kasus dari 251.392 spesimen yang diuji.
Hal ini juga turut disampaikan oleh pemerintah melalui Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan pers virtual yang ia sampaikan. Menurutnya, kenaikan jumlah testing justru terjadi secara nasional namun ada penurunan capaian selama 3 hari terakhir.
"Secara nasional, jumlah testing nasional meningkat. Namun khusus capaian di daerah PPKM Level 4 adalah masih rendah. Terutama 3 hari terakhir yang terus menurun," jelas dr. Nadia pada Rabu (21/7) sore.
Sementara itu, hanya ada 5 daerah yang capaian target tes corona dalam 3 hari terakhir mencapai target di atas 90 persen. Dua kota di antaranya ada di DKI Jakarta.
ADVERTISEMENT
"Terkait capaian testing, 3 hari terakhir hanya 5 kabupaten/kota yang mencapai target di atas 90 persen, yaitu Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sumenep," tambahnya.
Rendahnya testing beberapa hari ini perlu kembali ditingkatkan. Apalagi penurunan jumlah testing kerap ditemukan pada saat akhir pekan dan juga hari libur nasional.
"Untuk kabupaten/kota PPKM Level 4 capaian testing sudah cukup bagus namun perlu ditingkatkan dan dipertahankan pada saat akhir pekan dan hari libur," pungkas dr. Nadia.