Tips Fotografi: Merasakan Kamera Format Besar di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina

6 Mei 2023 9:56
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Fotografer Ukraina Arsenii Gerasymenko menggunakan kamera grafis Graflex Speed 4 x 5 inci miliknya untuk memotret prajurit Ukraina di posisi garis depan di wilayah Kherson, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
ADVERTISEMENT
Fotografer asal Ukraina, Arsenii Gerasymenko nampak sibuk di posisi garis depan zona perang di wilayah Kherson untuk memotret sejumlah tentara Ukraina menggunakan kamera format besar, kamera grafis Graflex Speed 4 x 5 inci.
ADVERTISEMENT
Kamera format besar ini memang memiliki kualitas hasil gambar terbaik ketimbang kita menggunakan format kecil lainnya, karena kamera ini sudah menggunakan film negatif berukuran besar.
Dikutip dari AFP, Arsenii Gerasymenko adalah seorang fotografer profesional, ia tidak ditakdirkan untuk meliput konflik. Tetapi Arsenii ingin sekali melakukan sesuatu yang "berguna" setelah Rusia menginvasi negaranya.
Fotografer Ukraina Arsenii Gerasymenko menggunakan kamera grafis Graflex Speed 4 x 5 inci miliknya. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
Penggunaan kamera di era modern sangat mudah dipergunakan, dari cara membawa, pegang kamera, bahkan saat memotret di tengah pencahayaan yang rendah dan ditambah fotografer langsung bisa melihat hasil fotonya. Bisa dikatakan fotografer era modern ini sudah sangat terbantukan oleh kemajuan teknologi di dunia fotografi.
Lain hal untuk kamera format besar ini, kamera ini memiliki bobot yang cukup berat, diafragma dengan bukaan pencahayaan yang kecil. Ini membuat fotografer yang menggunakan kamera format besar ini cukup mustahil untuk mengabadikan momen secara candid.
Fotografer Ukraina Arsenii Gerasymenko menggunakan kamera grafis Graflex Speed 4 x 5 inci miliknya untuk memotret prajurit Ukraina di posisi garis depan di wilayah Kherson, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
Seperti halnya di film The Bang Bang Club, film kisah nyata ini menggambarkan 4 orang fotografer yaitu, Kevin Carter, Ken Oosterbroek, Greg Marinovich dan Joao Silva yang bekerja sebagai fotografer di tengah perang saudara di Afrika Selatan pada rentang tahun 1990-1994.
Fotografer Ukraina Arsenii Gerasymenko menyiapkan kamera grafis Graflex Speed 4 x 5 inci. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
Arsenii Gerasymenko menggunakan kamera grafis Graflex Speed 4 x 5 inci memotret prajurit Ukraina di posisi garis depan di wilayah Kherson. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
Di film tersebut kita diperlihatkan Greg Marinovich menggunakan kamera format besar untuk memotret masyarakat pedalaman saat ia harus bersembunyi dari ancaman salah satu pihak akibat hasil fotonya yang menggemparkan dunia.
ADVERTISEMENT
Di sana kita disuguhkan seorang fotografer andal seperti Greg Marinovich sangat lambat saat menggunakan kamera format besar tersebut.
Arsenii Gerasymenko bekerja di kamar gelapnya di Kyiv, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
Fotografer Ukraina Arsenii Gerasymenko melihat negatif di studionya di Kyiv, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Foto: Dimitar Dilkoff/AFP
Untuk teman kumparan yang ingin merasakan memotret menggunakan kamera format besar ini juga harus memiliki alat pengukur pencahayaan. Karena kamera format besar analog masih belum banyak yang memiliki indikator pengukuran pencahayaan normal, over, atau under.