kumparan
27 April 2018 15:42

TKW Indonesia Jatuh Saat Bersihkan Jendela Apartemen di Singapura

Apartemen Simei Block, Singapura. (Foto: Google Maps)
Seorang tenaga kerja wanita Indonesia di Singapura dilaporkan terjatuh dari apartemen majikannya. Dia mengalami luka serius dalam insiden yang terekam kamera tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan dari media Singapura Stomp, peristiwa ini terjadi di apartemen Block 233, Simei Street 4, pada Kamis siang (26/4). Stomp menyebut korban adalah pekerja domestik asal Indonesia berusia 27 tahun, tidak diketahui identitasnya.
Dalam video tersebut, wanita itu bergelantungan di tepi jendela lantai dua, dipegangi oleh seseorang rambutnya agar tidak jatuh. Sementara di bawahnya, ada beberapa orang yang mencoba menangkapnya. Cuplikan lainnya menunjukkan wanita itu sudah terkulai di bawah, tubuhnya ditutupi kain.
Menurut Stomp, dia sedang membersihkan jendela dengan satu kaki bertumpu pada tepian dan kaki lainnya pada bambu. Bambu itu kemudian jatuh, membuat TKW itu terjatuh. Beruntung seseorang di lantai dua berhasil menangkapnya, dalam proses ini baju TKW itu terlepas.
ADVERTISEMENT
Stomp juga menuliskan, TKW itu ditangkap oleh seorang pria berusia 63 tahun di darat. Keduanya dilarikan ke rumah sakit Changi dalam keadaan tidak sadarkan diri.
Kedutaan Besar RI di Singapura membenarkan peristiwa ini. Menurut staf KBRI, Yulinur Purnadi, TKW tersebut bernama Ninik Kartini.
"Informasi sementara yg kami terima, kejadian tersebut akibat kecelakaan saat PMI (Pekerja Migran Indonesia) sedang berupaya membersihkan jendela, namun informasi selengkapnya kami masih menunggu laporan resmi dari Kepolisian Singapura," kata Yulinur.
KBRI juga akan melihat apakah kasus ini merupakan pelanggaran keselamatan kerja dari majikan.
"Potensi pelanggaran keselamatan kerja akan kami sampaikan kepada pihak Polisi dan Kementerian Tenaga Kerja Singapura untuk diinvestigasi lebih lanjut," kata Yulinar.
Menurut aturan di Singapura, dilarang melakukan aktivitas di ketinggian seperti membersihkan jendela atau lainnya, tanpa ada supervisi dari majikan atau dengan pengamanan.
ADVERTISEMENT
Bukan kali pertama TKW Indonesia jatuh dari apartemen di Singapura. Sebelumnya ada nama Karsinah, TKW asal Brebes, yang meninggal dunia jatuh dari lantai delapan apartemen majikannya di Hougang Avenue.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan