kumparan
23 Desember 2019 10:04

Total Korban Tewas Gunung Meletus Selandia Baru Capai 17 Orang

Letusan Gunung Berapi Selandia Baru, POTRAIT
Kepulan abu vulkanik dari gunung berapi Selandia Baru di Pulau Putih, Selandia Baru, Senin (9/12). Foto: REUTERS
Total korban tewas akibat letusan gunung berapi di Selandia Baru mencapai 17 orang. Korban terakhir meninggal di rumah sakit pada Minggu (22/12) ketika mendapatkan perawatan atas luka-lukanya.
ADVERTISEMENT
"Polisi mengkonfirmasi seorang lagi meninggal dunia di Rumah Sakit Middlemore tadi malam. Polisi diberitahu kabar meninggal pada pukul 23.00," kata Wakil Komisaris Polisi John Tims dalam pernyataannya, Senin (23/12), seperti dikutip Reuters.
Tidak disebutkan identitas dan kewarganegaraan para korban luka dan tewas dalam letusan gunung White Island atau Whakaari pada 9 Desember lalu. Namun kebanyakan korban adalah turis asal Australia.
Letusan Gunung Berapi Selandia Baru
Pemandu wisata evakuasi wisatawan setelah letusan gunung berapi di Pulau Putih, Selandia Baru, Senin (9/12). Foto: @SCH/via REUTERS
Dua orang dilaporkan masih hilang, diduga kuat tewas dalam erupsi dan tubuhnya terbawa arus laut. Keduanya adalah turis Winona Langford, 17, dari Australia dan Hayden Marshall-Inman, pemandu wisata Selandia Baru berusia 40 tahun.
Letusan gunung terjadi tiba-tiba tanpa peringatan sebelumnya. Saat letusan terjadi, banyak turis yang berada di lokasi, bahkan di sekitar mulut kawah.
ADVERTISEMENT
Masyarakat mengkritik operator wisata yang membuka akses ke gunung tersebut. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan penyelidikan tengah dilakukan untuk masalah ini, jika ditemukan kelalaian maka pelakunya terancam hukuman hingga lima tahun penjara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan