kumparan
News18 Januari 2020 4:40

Ukraina: Iran Segera Serahkan Kotak Hitam Ukraine Airlines

Konten Redaksi kumparan
Pesawat jatuh di Iran
Barang-barang milik korban jatuhnya pesawat Ukraina International Airlines di Iran. Foto: Nazanin Tabatabaee / WANA / via REUTERS
Ukraina memastikan Iran siap menyerahkan kotak hitam (black box) pesawat Ukraine Airlines yang mereka tembak beberapa waktu lalu. Sebanyak 176 penumpang sipil tewas akibat tembakan yang salah disasar Iran itu.
ADVERTISEMENT
Menteri Luar Negeri Ukraina, Vadym Prystaiko, mengatakan, Iran juga akan membentuk tim penyelidik bersama Kanada. Sebab, lebih dari 60 penumpang Ukraine Airlines merupakan warga Kanada.
"Setelah itu, pihak Iran siap untuk secara terpisah menyerahkan kotak hitam ke Ukraina," kata Prystaiko dikutip dari AFP, Sabtu (18/1).
Pesawat jatuh di Iran
Sejumlah petugas membawa puing-puingpesawat Ukraina International Airlines yang jatuh di Iran. Foto: Nazanin Tabatabaee / WANA / via REUTERS
"Ini sesuai dengan standar internasional, kami masih menuntut agar Iran segera memberikan black box kepada kami segera untuk memastikan independensi dan objektivitas penyelidikan," kata Prystaiko.
Prystaiko mengatakan, Ukraina dan Iran telah berkoordinasi dengan baik dalam penyelidikan insiden ini. Namun, ia mengeluhkan kurangnya akses untuk mendapatkan informasi yang ada di kotak hitam.
"Kami hanya ingin tahu tidak ada yang akan merusak rekaman itu," kata Prystaiko.
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa hari ke depan, Iran akan datang ke Kiev untuk meminta maaf secara resmi dan memberikan penjelasan. Militer Iran telah mengakui menembak jatuh pesawat itu pada Rabu (9/1) dan menganggapnya human error.
Atas insiden itu pula, Iran sempat bergejolak. Massa menggelar demonstrasi menuntut Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bertanggung jawab dan mengundurkan diri dari jabatannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan