News
·
18 Februari 2021 10:13

Unpad Uji Klinis III Vaksin COVID-19 Anhui pada Maret, 4.000 Relawan Dilibatkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Unpad Uji Klinis III Vaksin COVID-19 Anhui pada Maret, 4.000 Relawan Dilibatkan (48231)
Gedung Universitas Padjadjaran. Foto: Wikipedia
Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui Fakultas Kedokteran segera melakukan uji klinis fase III untuk vaksin rekombinan COVID-19 yang dikembangkan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co. Ltd. Pelaksanaan uji klinis rencananya akan dilakukan mulai awal Maret 2021.
ADVERTISEMENT
Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical merupakan produsen vaksin asal Tiongkok. Salah satu produk yang sudah dihasilkan adalah vaksin meningitis yang sudah dipakai untuk jemaah haji dan umrah di Indonesia.
Peneliti utama uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Anhui dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K), M.Kes., menjelaskan, uji klinis fase III ini akan melibatkan 4.000 relawan.
“Kita menyasar target relawan dari nonkesehatan,” ujar Rodman dikutip dari situs Unpad, Kamis (18/2).
Berbeda dengan jenis vaksin COVID-19 yang dikembangkan Sinovac, Anhui mengembangkan jenis vaksin rekombinan atau sub unit protein. Artinya, platform vaksin ini diambil dari spike glikoprotein atau bagian kecil virus yang akan memicu kekebalan tubuh saat disuntikkan ke tubuh manusia.
"Ini berbeda dengan jenis vaksin Sinovac yang diambil dari virus yang dimatikan," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Vaksin rekombinan COVID-19 Anhui sendiri sudah menjalani uji klinis fase I dengan mengikutsertakan 50 subyek penelitian dan uji klinis fase II dengan 900 subyek penelitian. Hasil dari dua uji klinis ini diklaim aman dan memberikan kekebalan yang tinggi.
Untuk uji klinis fase III, Unpad mendapat kepercayaan langsung dari PT. BCHT Bioteknologi Indonesia, selaku Perusahaan Penanaman Modal Asing dari Anhui sebagai perguruan tinggi Indonesia yang akan menjalankan penelitian uji klinis fase III. Ini berarti, Unpad sudah 2 kali dipercaya sebagai perguruan tinggi penguji klinis fase III untuk vaksin COVID-19.
Selain Indonesia, uji klinis fase III vaksin rekombinan COVID-19 Anhui sendiri akan dilakukan di negara Uzbekistan, Ekuador, Pakistan, dan Tiongkok. Sementara di Indonesia sendiri, uji klinis akan dibagi ke dalam dua wilayah, yaitu Jakarta dan Bandung. Kota Bandung sendiri akan mengikutsertakan sebanyak 2.000 relawan.
ADVERTISEMENT
Rodman menuturkan, penelitian uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Anhui sudah mendapat persetujuan dari Komite Etik RS Hasan Sadikin dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).