kumparan
26 Maret 2020 15:38

Update Corona di Indonesia: 893 Positif, 78 Meninggal, 35 Sembuh

PTR-Virus Corona-Monumen Nasional Ditutup
Suasana Monumen Nasional (Monas) yang ditutup antisipasi virus corona atau COVID-19 di Jakarta, Sabtu (14/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Kasus positif virus corona di Indonesia kembali melonjak. Data per Kamis (26/3) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif bertambah 103 orang, sehingga total kini ada 893 terjangkit corona.
ADVERTISEMENT
Update tersebut disampaikan juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (25/3) sore.
"Ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak kasus 103 orang. Maka sejauh ini kasus berjumlah kasus 893," kata Yurianto.
Ilustrasi positif terkena virus corona
Ilustrasi positif terkena virus corona. Foto: Shutter Stock
Yurianto juga memperbarui data pasien positif corona yang meninggal. Kini jumlah pasien meninggal berjumlah 78 orang.
Sementara itu, jumlah pasien positif virus corona yang sembuh juga bertambah. Yurianto menyebut pasien sembuh saat ini tercatat menjadi 35 orang.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan untuk mencegah pandemi virus corona, yang dibutuhkan adalah kedisiplinan untuk menjaga jarak. Dia meminta masyarakat mematuhi arahan pemerintah untuk menerapkan physical distancing.
"Karena itu yang kita lakukan sekarang bagaimana menerapkan disiplin masyarakat untuk mematuhi seruan itu. Karena itu kita melakukan upaya-upaya pendisiplinan ini melalui edukasi kesehatan, keamanan juga untuk membubarkan tiap kerumunan-kerumunan," kata Ma'ruf dalam teleconference, Kamis (26/3).
ADVERTISEMENT
Agar physical distancing dapat berjalan dengan baik, Ma'ruf meminta peran tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut melakukan sosialisasi. Pun dengan di daerah, Ma'ruf juga menegaskan tidak ada penerapan lockdown.
--------
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan