News
·
23 November 2020 7:35

Vaksin Corona Pfizer Diperkirakan Dapat Izin Inggris Akhir Pekan Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Vaksin Corona Pfizer Diperkirakan Dapat Izin Inggris Akhir Pekan Ini (659529)
Ilustrasi vaksin Pfizer. Foto: Dado Ruvic/REUTERS
Vaksin corona Pfizer diperkirakan dapat memperoleh persetujuan izin pemakaian darurat dari regulator Inggris pada akhir minggu ini. Rencana ini dilaporkan The Telegraph pada Minggu (22/11).
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Reuters, Senin (23/11), regulator Inggris akan segera memulai penilaian formal vaksin corona buatan perusahan obat asal Amerika Serikat (AS), Pfizer Inc dan BioNTech SE.
Layanan Kesehatan Masyarakat Inggris telah diinformasikan agar mengurus perizinan ini paling lama pada 1 Desember.
Jika pemberian izin vaksin Pfizer di Inggris dikeluarkan pekan ini maka akan mendahului AS. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada Jumat (20/11) mengatakan baru membahas persetujuan vaksin pada 10 Desember.
Vaksin Corona Pfizer Diperkirakan Dapat Izin Inggris Akhir Pekan Ini (659530)
Pfizer Foto: Andrew Kelly/File Photo/Reuters
Sementara, Inggris pekan lalu secara resmi meminta regulator medis, MHRA, untuk meninjau kesesuaian vaksin Pfizer.
Inggris telah memesan 40 juta dosis dan berharap pada tahap awal mendapatkan 10 juta dosis jika regulator menyetujui vaksin Pfizer. Diharapkan hingga akhir tahun ini 10 juta dosis bisa segera dipakai untuk melindungi 5 juta orang.
ADVERTISEMENT
Beberapa negara juga tengah membahas opsi pemakaian vaksin Pfizer, termasuk Indonesia. Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menyebut sudah ada pembicaraan masalah uji klinis dan pemakaian beberapa kandidat vaksin corona dari luar negeri, seperti Pfizer dari AS, AstraZeneca dari Inggris, dan Sputnik V dari Rusia.
"Moderna belum, tapi Pfizer, AstraZeneca, Sputnik juga sudah dan saya kira mereka nanti juga akan mencari mitra industri farmasi yang ada di sini," tambahnya," kata Penny, saat konferensi pers virtual, Kamis (19/11).