kumparan
search-gray
News31 Oktober 2019 8:50

Video Serangan AS yang Tewaskan Baghdadi, Rumahnya Rata dengan Tanah

Konten Redaksi kumparan
Video
Kementerian Pertahanan Amerika Serikat merilis video penyerangan ke persembunyian Abu Bakar al-Baghdadi. Serangan tersebut membuat rumah persembunyian Baghdadi rata dengan tanah, dan pemimpin ISIS itu bunuh diri.
ADVERTISEMENT
AS sebelumnya memang mengatakan akan merilis video tersebut, namun terlebih dulu harus melalui proses penyaringan, mana yang boleh ditampilkan, mana yang tidak. Setelah melalui proses deklasifikasi, AS merilis video tersebut pada Rabu (30/10) waktu setempat.
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, foto satelit
Kompleks pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi terlihat sebelum serangan udara di wilayah Idlib Suriah, Sabtu (26/10/2019). Foto: Department of Defense/Handout via REUTERS
Video yang diunggah di Youtube oleh Voice of America (VoA) itu menampilkan citra udara hitam-putih yang diambil dari pesawat atau satelit. Dalam video tersebut pasukan khusus Delta Force mendekati persembunyian Baghdadi. Sementara bala bantuan udara seperti jet tempur dan helikopter menembaki anggota ISIS di sekitarnya.
Dalam sebuah cuplikan, terlihat kediaman Baghdadi dibom dari udara. Asap mengepul dan api berkobar. Gambar usai peristiwa itu bisa disaksikan dalam berbagai foto yang beredar, rumah itu tinggal puing, rata dengan tanah.
Abu Bakar al- Baghdadi, Foto Satelit
Foto satelit Kepulan asap setelah serangan udara di kompleks pemimpin ISIS Abu Bakar al- Baghdadi di wilayah Idlib Suriah. Foto: Departemen Pertahanan AS via Reuters
"Seperti lahan parkir, tapi dengan lubang yang besar," kata Jenderal Marinir Kennet McKenzie, Komandan Komando Pusat AS yang bertanggung jawab atas operasi AS di Timur Tengah, dikutip dari Reuters.
ADVERTISEMENT
McKenzie mengatakan alasan mereka menghancurkan kediaman Baghdadi adalah agar tempat itu tidak dikultuskan oleh para pengikut ISIS. "Sekarang itu cuma tanah," kata dia.
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, foto satelit
Kompleks pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi terlihat sebelum serangan udara di wilayah Idlib Suriah, Sabtu (26/10/2019). Foto: Department of Defense/Handout via REUTERS
Dalam serangan itu, Baghdadi lari dan bersembunyi di dalam terowongan. Dia bersama dua anaknya - bukan tiga seperti yang sebelumnya disampaikan AS. Anaknya itu berusia di bawah 12 tahun, dan keduanya tewas setelah Baghdadi meledakkan diri.
McKenzie mengatakan, rumah kediaman Baghdadi jauh dari permukiman penduduk, terletak sekitar 4 kilometer dari perbatasan Turki di provinsi Idlib, Suriah. Dia menduga, bahkan tidak ada kelompok militan lain yang tahu Baghdadi bersembunyi di tempat tersebut.
Jejak Terakhir Al-Baghdadi
Rumah persembunyian Baghdadi yang dihancurkan AS. Foto: AP Photo/Ghaith Alsayed
Untuk menghindari pelacakan, tidak ada koneksi internet atau perangkat digital di rumah Baghdadi. Menurut McKenzie komunikasi Baghdadi dengan anggota ISIS lainnya dilakukan dengan kurir pesan atau alat elektronik sederhana.
ADVERTISEMENT
Atas serangan tersebut, AS mengantisipasi adanya serangan pembalasan. "Kami menduga mereka akan melakukan semacam serangan balasan. Dan kami telah siap untuk menghadapinya," kata McKenzie.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white