News
·
23 November 2020 10:49

Viral Tamu Kondangan di Bali Menyumbang Pakai Mesin EDC Bukan Amplop

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Tamu Kondangan di Bali Menyumbang Pakai Mesin EDC Bukan Amplop (76544)
searchPerbesar
Ilustrasi mesin EDC Foto: Thinkstock
Beredar sebuah video viral yang memperlihatkan seorang pria menyumbang menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) di sebuah pesta pernikahan. Dalam video itu, pria tersebut terlihat memasukkan PIN untuk menyumbangkan sejumlah uang di meja penerimaan tamu.
ADVERTISEMENT
Video tersebut diunggah oleh akun TikTok Denpasar Now yang sudah dilihat lebih dari 18 ribu kali. Dalam captionnya, akun tersebut menuliskan video tersebut awalnya diunggah oleh akun Instagram milik @ekaudiyana12.
Kepada kumparan, pemilik akun @ekaudiyana12, I Gede Eka Udiyana, mengatakan video tersebut diambil pada Januari 2018 di acara pernikahan temannya yang digelar di Denpasar, Bali. Namun video itu baru viral sekarang.
"Engga ada alasan [pakai EDC] sih, cuman kebetulan yang nikah pegawai bank. Waktu itu saya nyumbang Rp 100 ribu," ujar Eka kepada kumparan, Senin (23/11).
Meski begitu, ia menambahkan, pemilik hajatan tidak mewajibkan semua tamu menyumbang menggunakan alat transaksi tersebut. Sebab, masih banyak juga orang yang memberikan amplop untuk menyumbang.
ADVERTISEMENT
"Tapi tidak ada salahnya kan, kalau pakai EDC, jadi lebih praktis, enggak ada istilah amplop kosong walaupun nanti ketahuan berapa kita ngasih ke pengantinnya," ujarnya.
Eka mengaku senang dengan pengalaman tersebut. Sebab, hal itu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk transaksi non tunai.