Viral Video Cover Lathi Pemuda Bandung yang Gabungkan Musik Modern dan Angklung

8 Juni 2020 15:24
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Alat musik multitonal yang terbuat dari bambu ini berasal dari Jawa Barat. Foto: Dok: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Alat musik multitonal yang terbuat dari bambu ini berasal dari Jawa Barat. Foto: Dok: Pixabay
ADVERTISEMENT
Lagu "Lathi" yang diproduksi oleh Weird Genius dan Sara Fajira viral di berbagai media sosial, mulai dari Tiktok hingga Instagram. Hal itu membuat warganet dan musisi lain melakukan berbagai bentuk cover.
ADVERTISEMENT
Seperti yang dilakukan oleh Manshur Praditya, seorang musisi tradisional angklung toel asal Bandung, Jawa Barat.
Dalam video yang diunggah di Instagram pribadinya @manshur.angklung pada 24 Mei lalu, Manshur bersama DJ Trizha Harun membuktikan kebolehan mereka mengaransemen lagu "Lathi" dengan menggabungkan unsur tradisional angklung dan modern. Namun tanpa mengurangi unsur Elektronic Dance Music (EDM) yang ada dalam musik Lathi.
"Untuk membuat cover angklung versi EDM sebenarnya gampang banget dan tidak lama, karena tidak terlalu banyak chord. Cuma penyesuaian nada. Kalau orang awam merasa enggak ada nada, tapi kalau tau chord sebenernya ada," ungkap Manshur kepada kumparan, Senin (8/6).
Manshur terjun di dunia musik tradisional sejak berada di bangku Sekolah Menengah Atas. Dia merupakan lulusan SMKN 10 Bandung dengan jurusan Seni Pertunjukan dan Karawitan Sunda. Manshur kemudian melanjutkan bakatnya di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI).
ADVERTISEMENT
Kegemarannya pada angklung membuat Manshur ingin membawa alat musik tradisional itu ke level yang lebih luas, sesuai dengan tagline "Bring Angklung To The Next Level", yakni cara memainkan angklung tidak dalam cakupan angklung orchestra untuk lagu-lagu tradisional. Namun sebagai konsep alat musik pengganti alat music konvensional seperti bass dan drum.
Angklung yang dimainkan Manshur dikembangkan hingga menyerupai alat music piano, dibantu oleh Yayan Udjo. Dibunyikan dengan digetarkan, lengkap dengan tuts dan dimainkan solo dengan genre yang beraneka ragam. Selain EDM, ada juga rock, jazz, dan underground.
"Rasa kecintaan pada musik tradisional di kalangan anak muda harus dibukakan oleh musisinya itu sendiri. Jadi kita harus mengubah stigma tentang musik tradisional yang kuno. Permainan angklung dengan EDM ini membuktikan kalau kita bisa memainkannya setiap saat, setiap waktu. Tidak harus memakai baju adat daerah masing-masing dulu," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Manshur kini tengah sibuk menggarap single terbarunya yang akan menambah warna musik angklung dengan nuansa EDM. Menjadikannya musisi angklung dengan EDM yang ada pertama kali di dunia.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·