News
·
24 Januari 2020 5:54

Virus Corona, Kemlu Imbau WNI yang ke China Tak Kunjungi Wuhan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Virus Corona, Kemlu Imbau WNI yang ke China Tak Kunjungi Wuhan (178232)
Penumpang mengenakan masker duduk di kereta untuk menuju Kota Wuhan di stasiun kereta Hongqioa, China. Foto: AFP/HECTOR RETAMAL
Mengantisipasi penyebaran virus corona, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengimbau para WNI yang akan ke China tak mengunjungi Kota Wuhan dan daerah-daerah yang mulai terpapar virus corona.
ADVERTISEMENT
Kota Wuhan merupakan daerah pertama terjadinya kasus penyebaran virus corona di China. WNI juga diimbau untuk terus memantau perkembangan dari penyebaran virus corona.
"Kami mengimbau WNI yang hendak ke Republik Rakyat Tiongkok (China) agar mengikuti perkembangan virus ini, menghindari tempat dan kota asal virus, dan tidak kontak fisik dengan orang yang sedang dalam kondisi batuk, demam, dan sesak panas," jelas Kemlu dikutip dari aplikasi Kemlu, Safe Travel, Jumat (24/1).
Virus Corona, Kemlu Imbau WNI yang ke China Tak Kunjungi Wuhan (178233)
Pejalan kaki memakai masker saat mereka berjalan di luar hotel New Orient Landmark di Makau, China. Foto: AFP/Anthony WALLACE
Kemlu mengimbau para WNI untuk menghubungi KBRI Beijing jika mengalami kondisi darurat dan mengakses aplikasi Save Travel.
"Dalam kondisi darurat, hubungi nomor hotline KBRI Beijing @kbribeijing di 8610 6532 5486. Anda juga dapat menggunakan Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri untuk menghubungi Perwakilan RI," terang Kemlu.
Virus Corona, Kemlu Imbau WNI yang ke China Tak Kunjungi Wuhan (178234)
Staf medis memindahkan seorang pasien di Rumah Sakit Jinyintan, tempat pasien virus corona di Wuhan, China Foto: REUTERS/Stringer
Sementara itu, jubir Kemlu, Teuku Teuku Faizasyah, mengatakan, hingga kini belum ada informasi WNI di China yang terpapar virus corona.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada informasi (WNI terpapar virus corona)," jelas Teuku saat dikonfirmasi, Kamis (23/1) malam.
Saat ini, Kota Wuhan telah diisolasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Kasus virus corona di Wuhan pertama kali terjadi pada Desember 2019. Virus ini telah memakan korban jiwa sebanyak 17 orang di Wuhan. Sementara 571 orang telah terpapar virus ini di seluruh China.
Selain Kota Wuhan, pemerintah China juga mengisolasi Kota Huanggang pada Kamis (23/1) malam. Huanggang adalah kota tetangga dari Wuhan.
Otoritas China telah menutup akses stasiun kereta api di Huanggang. Warga tidak boleh keluar masuk dari kota tersebut. Tak cuma itu, kendaraan yang keluar masuk Huanggang juga diperiksa.
Virus Corona, Kemlu Imbau WNI yang ke China Tak Kunjungi Wuhan (178235)
Infografis Virus Corona. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan