News
·
29 Agustus 2020 19:10

Wagub DKI Tinjau Persiapan Pembukaan Bioskop: Protokol Corona Harus Konsisten

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wagub DKI Tinjau Persiapan Pembukaan Bioskop: Protokol Corona Harus Konsisten (122632)
Persiapan pembukaan bioskop di XXI Cinema Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: PPID Jakarta
Pemprov DKI dalam waktu dekat berencana kembali membuka bioskop dengan protokol kesehatan ketat. Meski belum ada tanggal pasti kapan mulai dibuka, Wagub DKI Ahmad Riza Patria sudah mulai meninjau kesiapan protokol corona di sejumlah bioskop.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangan dari laman Pemprov DKI, Riza Patria hari ini meninjau bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan (PGC) Kramat Jati, Jakarta Timur.
Dalam kunjungannya, ia mengecek fasilitas-fasilitas yang disediakan pengelola, baik tempat cuci tangan, pengecekan suhu, hingga QR code bagi pengunjung.
Wagub DKI Tinjau Persiapan Pembukaan Bioskop: Protokol Corona Harus Konsisten (122633)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria meninjau persiapan pembukaan bioskop di XXI Cinema Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: PPID Jakarta
"Untuk fasilitas pendukung pencegahan COVID-19, kita minta setiap pengelola bioskop menyiapkan QR Code, wastafel cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh. Traffic pengunjung juga harus diatur, petugas bioskop diminta menggunakan masker, face shield, penjagaan jarak harus diatur dan mengenakan sarung tangan," ujar Riza, Sabtu (29/8).
"Alhamdulillah hari ini saat kita lihat langsung ke lokasi telah dipersiapkan. Semoga ini terus konsisten dijalankan," lanjutnya.
Riza pun mengikuti simulasi protokol corona dengan yang sudah ditetapkan manajemen XXI. Dimulai dari pintu masuk gedung hingga memasuki ruang studio.
Wagub DKI Tinjau Persiapan Pembukaan Bioskop: Protokol Corona Harus Konsisten (122634)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria meninjau persiapan pembukaan bioskop di XXI Cinema Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: PPID Jakarta
Ia mengungkapkan salah satu alasan bioskop di Jakarta dapat memungkinkan dibuka kembali karena konsep penanganan pengunjung bisa lebih disiplin.
ADVERTISEMENT
"Kalau di bioskop, pengunjung akan menghadap ke satu arah karena belum tentu saling mengenal dengan semuanya. Sementara kalau di restoran dan perkantoran pasti akan saling berhadap-hadapan karena saling mengenal. Sehingga, potensi penyebaran di bioskop menjadi lebih kecil, karena potensi saling bicara juga tidak diizinkan," tutur dia.

Imbau Pengelola Bioskop Pastikan Sirkulasi Udara di Ruangan

Wagub DKI Tinjau Persiapan Pembukaan Bioskop: Protokol Corona Harus Konsisten (122635)
Persiapan pembukaan bioskop di XXI Cinema Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: PPID Jakarta
Selain penerapan protokol corona, Riza juga mengingatkan pengelola untuk memperhatikan sirkulasi udara di dalam ruangan atau studio.
Kebersihan ruangan juga tetap harus dijaga dan tetap rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Semua karyawan dan pengunjung juga harus disiplin jika bioskop pada akhirnya sudah kembali beroperasi.
"Semoga (nanti) kita bisa membuka kegiatan ini dengan baik sebagai sarana hiburan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Harapannya, simulasi penerapan protokol kesehatan di bioskop ini bisa berjalan dengan baik dan secepatnya bisa dibuka untuk warga," tandasnya.
Wagub DKI Tinjau Persiapan Pembukaan Bioskop: Protokol Corona Harus Konsisten (122636)
Infografik Protokol Nonton Bioskop di Tengah Pandemi. Foto: Chia Aulia/kumparana
ADVERTISEMENT
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona