kumparan
search-gray
News24 Mei 2020 11:48

Warga di Bantul, Yogyakarta, Salat Id di Rumah Dengan Panduan dari Masjid

Konten Redaksi kumparan
Ustadz Umaruddin Masdar pandu salat Id
Ustadz Umaruddin Masdar pandu salat Id . Foto: Twitter / @UmaruddinM
Umat Muslim pada Minggu (24/5) merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Salah satu sunah yang lazim dilakukan dalam perayaan ini ialah Salat Id.
ADVERTISEMENT
Pandemi COVID-19 atau virus corona membuat banyak masjid tak menggelar Salat Id, atau menggelar Salat Id dengan protokol kesehatan.
Ada hal unik yang dilakukan sebuah masjid di Nurul Huda Ngoto Bangunharjo Sewon Bantul, Yogyakarta. Warga sekitar masjid tersebut melaksanakan Salat Id di halaman rumah masing-masing.
"Pagi tadi, saya memandu Salat Id dari masjid menggunakan horn (toa). Ditemani Pak Sukedi sebagai bilal. Warga mengikuti salat dari halaman rumah masing-masing," ujar Umaruddin Masdar di akun Twitternya, Minggu (24/5).
Umaruddin merupakan pengasuh Majelis Zikir Hayatan Thoyyibah, Bantul. Ia alumni Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.
Dalam unggahannya, Umaruddin menyertakan delapan foto. Beberapa di antaranya foto warga yang menggelar sajadah di depan rumahnya masing-masing.
ADVERTISEMENT
"Warga yang salat Id dengan mengikuti panduan dari masjid kebanyakan melaksanakan salat bersama keluarga di depan rumah masing-masing," ujar Umaruddin kepada kumparan, Minggu (24/5).
Ia mengatakan, sehari sebelumnya pihak masjid sudah memasang pengeras suara di beberapa gang di sekitar masjid. Hal itu dilakukan agar suara khotbah bisa terdengar lebih jelas.
"Ajakan Salat Id di rumah masing-masing sebagai bentuk rasa syukur telah selesai menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh," imbuh Umaruddin.
Dalam Salat Id yang dimulai pukul 06.45 hingga 07.30 WIB itu, diisi dengan khotbah soal bagaimana seharusnya masyarakat menyikapi anjuran pemerintah selama pandemi corona.
"Dengan mengikuti instruksi pemerintah untuk beribadah di rumah, bukan saja akan memutus mata rantai penyebaran covid-19, tp juga menjadi sumbangsih umat beragama untuk menyelamatkan kehidupan dan kemanusiaan," pungkas Umaruddin.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white