kumparan
News18 Februari 2020 12:36

WHO Sebut 80 Persen Penderita Virus Corona Hanya Sakit Ringan

Konten Redaksi kumparan
PTR, Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus
Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto: AFP/FABRICE COFFRINI
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, 80 persen orang yang terjangkit virus corona hanya menderita sakit ringan.
ADVERTISEMENT
Per Selasa (18/2) kematian akibat virus corona tembus lebih dari 1.800 di seluruh dunia. Sedangkan, yang positif terinfeksi melebihi 70 ribu orang.
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dari 100 persen pasien hanya 14 persen yang berujung sakit berat, seperti pneumonia.
virus Corona
Sejumlah tim medis mengevakuasi seorang pasien menuju Ruang Isolasi Khusus Rumah Sakit Umum Pusat dr Kariadi saat simulasi penanganan wabah virus Corona. Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
"Sekitar lima persen dari kasus masuk fase kritis dengan kegagalan berfungsinya beberapa organ seperti gagal nafas, dalam beberapa kasus menyebabkan kematian," ucap Tedros seperti dikutip dari AFP.
Ia menambahkan, ada sebagian kecil kasus yang terjadi pada anak-anak. Sementara, beberapa kasus lagi membutuhkan riset mendalam untuk menemukan penyebab kejadian.
Aktivitas warga Beijing virus corona
Seorang warga berjalan menggunakan masker akibat virus corona di distrik pusat bisnis Beijing, China. Foto: REUTERS/Jason Lee
"Nampaknya COVID-19 (virus corona) tidak terlalu mematikan seperti virus serupa lainnya seperti SARS dan MERS," kata dia.
Virus corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, pada Desember 2019 lalu. Dalam sebulan, wabah tersebut menyebar ke seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Tedros menekankan, meski penyebaran virus corona begitu cepat tindakan pencegahan yang diambil mesti efektif.
"Langkah yang diambil mesti proporsional dengan situasi saat ini," tegas Tedros.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan