News
·
3 September 2020 19:35

Wiku soal Pembukaan Bioskop: Pemda Pegang Kendali, Harus Simulasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wiku soal Pembukaan Bioskop: Pemda Pegang Kendali, Harus Simulasi (100772)
Prof. Wiku Adisasmito. Foto: Dok. BNPB
Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menanggapi pertanyaan wartawan terkait rencana pembukaan sarana tersier. Pemerintah diminta tanggapan soal pembukaan bioskop dan gym di tengah pandemi, sembari menunggu uji klinis vaksin rampung.
ADVERTISEMENT
"Seperti yang kami sampaikan, Pemda memegang kendali terhadap situasi yang ada di daerah masing-masing, pembukaan fasilitas tidak serta merta dibuka, harus dilakukan upaya prakondisi," ujar Wiku dalam konferensi pers di Setpres, Kamis (3/9).
Wiku soal Pembukaan Bioskop: Pemda Pegang Kendali, Harus Simulasi (100773)
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Foto: BNPB
Wiku meminta Pemda untuk melakukan asesmen atau kajian terhadap fasilitas pendukung, jika fasilitas publik ingin kembali dibuka. Wiku mengingatkan pentingnya prioritas.
"Tentukan simulasi, transportasi pendukung dan fasilitasnya, dan tentukan prioritas mana yang didahulukan, koordinasi pusat dan daerah, sehingga apa yang dilakukan terukur dan tak menimbulkan masalah," tutur Wiku.
Wacana pembukaan bioskop menuai pro kontra. Sejumlah ahli menilai rencana ini berisiko tinggi lantaran bioskop berada di area tertutup dengan pendingin udara. Risiko ini bisa meningkatkan kadar aerosol di dalam ruangan.
Wiku soal Pembukaan Bioskop: Pemda Pegang Kendali, Harus Simulasi (100774)
Infografik Protokol Nonton Bioskop di Tengah Pandemi. Foto: Chia Aulia/kumparana
***
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***