News
·
23 Oktober 2019 14:44

Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia (152778)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama saat perkenalan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Bos media, Wishnutama Kusubandio, resmi dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Ia merupakan salah satu menteri yang berasal dari kalangan profesional.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjadi menteri, Wishnutama merupakan salah satu sosok di balik keberhasilan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Selain itu, ia juga merupakan pengusaha yang berbisnis di bidang media. Selain menjadi founder NET.TV, Wishnutama juga tercatat sebagai komisaris kumparan.
Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia (152779)
Wishnutama menjawab pertanyaan wartawan saat berada di Kompleks Kepresidenan, Jakarta. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Berikut profil Wishnutama yang saat ini menjadi Menteri Pariwisata menggantikan Arief Yahya:
Wishnutama Kusubandio lahir di Jayapura, Papua, 4 Mei 1970 silam. Meski tumbuh besar di Jakarta, namun Wishnutama sempat mengenyam pendidikan menengah di Kooralbyn International School, Queensland, Australia dan International School Singapore.
Begitu lulus, ia langsung pindah ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan sarjana di Military College of Vermont di Norwich University. Namun, kemampuannya di bidang komunikasi dan media didapat saat menempuh pendidikan master di jurusan Liberal Arts di Mount Ida College, Boston, dan jurusan komunikasi di Emerson College, Boston.
Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia (152780)
Wishnutama. Foto: @wishnutama
Di awal kariernya, Wishnutama sempat menjadi production assistant di New England Cable News Amerika Serikat. Setelah itu, ia pindah ke WHDH-TV, Boston, sebagai assistant director on air promotion hingga 1994.
ADVERTISEMENT
Tahun 1994, ia kembali ke Indonesia untuk bekerja di Indonesia sebagai Supervisor On Air. Kariernya di dunia pertelevisian terus menanjak hingga ia berhasil menjadi Production Manager.
Tujuh tahun kemudian, Wishnutama baru pindah tugas ke Trans TV sebagai Kepala Divisi Produksi. Di bawah kepemimpinannya, rating acara yang ia tangani cukup baik sehingga mampu mengantarkannya ke posisi Wakil Direktur Utama.
Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia (152781)
Wishnutama Foto: Dok. Wishnutama
Saat Chairul Tanjung, pemilik Grup Trans Media, membangun Trans7, Wishnutama ditunjuk menjadi direktur utama. Namun, dua tahun kemudian ia kembali ke Trans TV untuk menjadi direktur utama.
Pada tahun 2013, ia memutuskan hengkang dari Trans Media dan mendirikan stasiun TV-nya sendiri, NET.TV. Ia tercatat sebagai CEO PT Net Mediatama Televisi hingga 2018 lalu. Ia juga tercatat sebagai Komisaris kumparan.com sejak 2017.
Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia (152782)
Infografik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Nama Wishnutama semakin melambung saat ditunjuk menjadi creative director di Asian Games 2018. Ia bertugas mendesain pembukaan dan penutupan ajang olahraga bergengsi itu.
Wishnutama, Sosok Kreatif yang Komandoi Sektor Pariwisata Indonesia (152783)
Wishnutama. Foto: IG @wishnutama
Benar saja, dengan kreativitasnya, pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 berhasil menarik perhatian dunia. Bahkan, dua acara tersebut berhasil mendulang pujian dan menjadi trending topic di media sosial.
ADVERTISEMENT
Berkat kesuksesannya itu, Wishnutama sempat digadang-gadang akan masuk ke timses Jokowi-Ma'ruf, seperti Ketua Tim Asian Games 2018 Erick Thohir. Namun, menurut Sekretaris Timses Jokowi-Ma’ruf Hasto Kristiyanto, Wishnutama hanya membantu mendesain kampanye kreatif saja.
Setelah Jokowi-Ma’ruf dilantik, Wishnutama menjadi salah satu tokoh yang dipanggil ke Istana Merdeka. Ia ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Setelah menjadi menteri, Wishnutama akan segera keluar dari jabatannya di sejumlah bisnis, termasuk NET.TV dan kumparan.