kumparan
search-gray
News29 Februari 2020 22:27

WN Korsel yang Bunuh Diri Sempat Disemayamkan di Ruang Isolasi Corona RSUD Solo

Konten Redaksi kumparan
WN Korsel yang Bunuh Diri Sempat Disemayamkan di Ruang Isolasi Corona RSUD Solo (93656)
Ilustrasi mayat. Foto: Shutter Stock
WN Korsel Jung Eun Hee (57) ditemukan gantung diri di salah satu hotel di Solo, pada Minggu (23/2). Jun Eung Hee bunuh diri karena merasa dirinya terpapar virus corona.
ADVERTISEMENT
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai mengatakan jasad Jung Eun Hee kemudian dibawa ke RSUD Moewardi untuk diautopsi. Autopsi dilakukan untuk mengetahui benar tidaknya Jung Eun Hee terpapar virus corona.
Kepala Subbag Hukum dan Humas RSUD Moewardi, Eko Haryati membenarkan pihaknya mengautopsi jasad Jung Eun Hee pada Minggu (23/3). Eko mengatakan saat itu, jasad Jung Eun Hee diautopsi di ruang isolasi virus corona.
"Kami menerima jenazah WNA Korea Selatan (Jung) dari Polresta Surakarta dengan indikasi dugaan virus corona. Jenazah dimasukkan ke ruang isolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Eko saat dihubungi kumparan, Sabtu (29/2).
Eko mengatakan selama proses autopsi dan pemeriksaan itu, sejak Minggu (23/2) hingga Kamis (27/2) jasad Jung disemayamkan di ruang isolasi. Penempatan ruang isolasi itu karena sebelum tewas, Jung menulis surat dia terpapar virus corona.
ADVERTISEMENT
Eko mengatakan RSUD Moewardi kemudian mengirikan sampel swab Jung ke Litbangkes Kemenkes RI untuk mengetahui terpapar atau tidaknya virus corona. Proses itu memakan waktu hingga Kamis (27/2), Jung dinyatakan negatif terpapar virus corona.
"Setelah negatif corona, jenazah kami serahkan kepada Kedutaan Besar Korea Selatan dan Polresta Surakarta," kata dia.
Jenazah Jung pada Jumat (28/2) dikremasi di Rumah Duka Thiong Ting, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah. Kremasi itu atas permintaan dari Kedubes Korea Selatan. Setelah itu, abu kremasi diserahkan ke Kedubes Korea Selatan untuk dibawa ke negara asalnya.
"Pemulangan jenazah yang sudah dikremasi itu lewat Bandara Adi Soemarmo. Kami pastikan korban negatif virus corona," kata dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white