WNI Pemegang Visa Umrah Diimbau Tinggalkan Arab Saudi sebelum 23 Mei 2024

16 April 2024 13:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah, pada bulan Ramadan 2024. Foto: Dok. Kemenhaj Arab Saudi
zoom-in-whitePerbesar
Jemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah, pada bulan Ramadan 2024. Foto: Dok. Kemenhaj Arab Saudi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Musim umrah bersiap pamit, memberi jalan bagi musim haji. WNI harap catat: batas akhir visa umrah 23 Mei 2024.
ADVERTISEMENT
"Pemerintah Arab Saudi memajukan masa berlaku visa umrah menjadi 14 hari lebih awal dari ketetapan sebelumnya. Visa umrah akan berakhir pada 23 Mei 2024,” ungkap KJRI Jeddah, Selasa (16/4).
"Diimbau agar semua WNI pemegang visa umrah segera meninggalkan wilayah Arab Saudi/pulang sebelum tanggal tersebut guna menghindari masalah keimigrasian, dan lain-lain,” lanjutnya.
KJRI Jeddah menjelaskan, pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Kementerian Haji dan Umrah (Kemenhaj) telah mengumumkan tanggal 15 Zulkaidah 1445 yang bertepatan dengan 23 Mei 2024 menjadi hari terakhir berlakunya visa umrah musim ini.
Artinya, batas akhir visa umrah dua minggu lebih awal dari yang diumumkan sebelumnya, yaitu 29 Zulkaidah.
Mengutip Saudi Gazette, Kemenhaj menuturkan, dimajukannya masa berlaku visa umrah dari 29 Zulkaidah ke 15 Zulkaidah adalah untuk memperlancar arus jemaah ke kota suci Makkah dan Madinah dari seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji tahunan.
ADVERTISEMENT
KJRI Jeddah juga menegaskan, masa berlaku visa umrah adalah 3 bulan terhitung sejak tanggal dikeluarkan [bukan sejak masuk Arab Saudi]. Namun, paling lambat harus digunakan sebelum 15 Zulkaidah atau 23 Mei 2024.

Jemaah Haji RI Terbang 12 Mei

Pemberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci. Foto: Kemenag RI
Sementara itu, jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada Minggu, 12 Mei 2024.
Kemenag RI menjelaskan, pemberangkatan jemaah haji Indonesia akan dibagi dalam dua gelombang. Jemaah haji gelombang pertama akan diberangkatkan dari Indonesia menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah pada 12-23 Mei 2024.
Jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei hingga 1 Juni 2024.
ADVERTISEMENT