kumparan
12 Feb 2018 23:10 WIB

Zulkifli Hasan: Tidak Ada Anggota DPR yang Bisa Mengalahkan AM Fatwa

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (Foto: Aria Pradana/kumparan)
Ketua MPR Zulkifli Hasan menghadiri acara "Mengenang Almarhum AM Fatwa" di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta. Dalam acara itu, ia menyampaikan kesannya terhadap Mantan Ketua DPR periode 1999-2004 tersebut.
ADVERTISEMENT
“Pak Fatwa seorang legenda menurut saya yang sekarang sikap, sifat yang bisa kita temui langka,” kata Zulkifli, Senin, (12/2).
Zulkifli mengatakan, meskipun AM Fatwa menjadi anggota DPR saat berusia 60 tahun, namun sampai saat ini belum ada yang bisa mengalahkan dedikasinya sebagai wakil rakyat.
“Menurut catatan saya, Pak Fatwa tidak ada tandingan. Silaturahmi perjalanan seluruh nusantara. Seluruh anggota DPR tidak ada yang mengalahkan Pak Fatwa. Berjalan sampai ke pelosok tanah air,” ujar Zulkifli.
Jenazah AM Fatwa disalatkan di rumah duka (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Menurut Ketua Umum PAN itu, AM Fatwa merupakan sosok pemberani. Fatwa hampir selalu melontarkan kritik saat menjabat sebagai Ketua DPR maupun Ketua MPR.
“Untuk menyampaikan sikapnya, kejujuran, keberanian di parlemen, saya kira Pak Fatwa juga tidak ada tandingannya. Bisa kita lihat baik dalam paripurna maupun kesempatan lain,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Meski kritis dan pemberani, menurut Zulkifli, AM Fatwa merupakan politikus yang berjiwa besar. Ia dianggap selalu memberikan maaf kepada lawan politiknya.
Zulkifli juga masih mengingat salah satu permintaan dari AM Fatwa yang sampai saat ini belum bisa diwujudkan.
“Waktu setahun yang lalu, saya kan dianggap seperti putranya, kadernya, karena sudah dekat, beliau menyampaikan pesan kepada saya, menyarankan saya untuk menambah pendamping, nah itu yang enggak berhasil,” kenang Zulkifli sambil tertawa.
Kini, Zulkifli berharap segala sesuatu yang sudah dilakukan AM Fatwa bisa dilanjutkan oleh anak-anaknya.
“Pak Fatwa titip sama kita semuanya. Dian (putri AM Fatwa), Pak Fatwa ingin sekali Dian meneruskan Pak AM Fatwa,” ungkapnya.
AM Fatwa meninggal pada Kamis (14/12) di usia 78 tahun. Mantan Wakil Ketua MPR itu meninggal pada pukul 06.25 WIB di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan