Otomotif
·
10 September 2020 16:49

13 Pekerja Pabrik Ban Gajah Tunggal Positif Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
13 Pekerja Pabrik Ban Gajah Tunggal Positif Corona  (240727)
Pegawai pabrik ban PT Gajah Tunggal. Foto: PT Gajah Tunggal Tbk
PT Gajah Tunggal Tbk membenarkan ada karyawannya yang terpapar virus corona (COVID-19). Hal itu diketahui ketika Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan tracing besar-besaran dengan menggelar swab test belum lama ini
ADVERTISEMENT
General Manager Umum PT Gajah Tunggal Tbk, Ismail menjelaskan karyawan yang positif virus corona tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.
"Karyawan ini terkena corona karena klaster COVID-19 di salah satu perumahan. Jadi saat ini mereka sedang isolasi mandiri dan kita sudah tangani dengan protokol COVID-19," buka Ismail, saat dikonfirmasi kumparan, Kamis (10/9).
13 Pekerja Pabrik Ban Gajah Tunggal Positif Corona  (240728)
Pabrik ban PT Gajah Tunggal. Foto: PT Gajah Tunggal Tbk
Dia meyakinkan, karyawan yang terkonfirmasi positif corona tersebut bukan terpapar dari klaster pabrik ban. Menurut dia, pabrik ban Gajah Tunggal paling ketat menerapkan protokol kesehatan.
"Kita tahunya dari puskesmas Pasir Jaya, dari laporan mereka ada 13 atau 14 karyawan kita yang positif, tapi kalau catatan kita hanya 10. Makanya kita sedang compare data dari puskesmas dan dari kita juga," katanya.
13 Pekerja Pabrik Ban Gajah Tunggal Positif Corona  (240729)
Ilustrasi babrik ban PT Gajah Tunggal. Foto: PT Gajah Tunggal Tbk
Ismail menjelaskan, sejak penyebaran virus corona mekanisme dan sistem kerja di pabrik Gajah Tunggal juga mengalami perubahan. Pembagian jam atau shift diatur sedemikian rupa untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona.
ADVERTISEMENT
"Kita ketat sekali soal ini dan mengikuti arahan Dinkes Kota dan Kabupaten. Cuma susahnya awasi mereka ketika libur dan pulang ke rumah, kita enggak bisa awasi mereka terus-menerus. Tapi kita imbau bahayanya COVID-19," paparnya.

Versi Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tangerang

13 Pekerja Pabrik Ban Gajah Tunggal Positif Corona  (240730)
Ilustrasi Positif Corona. Foto: Shutter Stock
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, mengatakan ada sebanyak 18 warga Desa Pasir Jaya, Cikupa Tangerang yang positif corona dan diduga tertular dari 13 karyawan pabrik ban.
18 orang tersebut memang memiliki kontak erat dengan 13 orang sebelumnya. Alhasil, total kasus positif corona di Desa Pasir Jaya, Cikupa, totalnya mencapai 31 orang.
"Semua jadi 31 kasus, dan penularan ini awalnya dari klaster pabrik ban tersebut. Kaitan hal ini pun, seluruh pasien tengah menjalani isolasi mandiri," ujarnya belum lama ini.
ADVERTISEMENT
PT Gajah Tunggal sendiri adalah produsen ban kendaraan bermotor yang familiar dengan merek ban IRC, GT Radial, GT Super, dan Zeneos.