Otomotif
·
20 November 2020 15:44

2 Bus Mercedes-Benz PO Maju Lancar Dapat Penyegaran, Apa Saja Fasilitas Barunya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
2 Bus Mercedes-Benz PO Maju Lancar Dapat Penyegaran, Apa Saja Fasilitas Barunya? (15366)
Bus PO Maju Lancar. Foto: dok. PO Maju Lancar
Perusahaan Otobus (PO) Maju Lancar, baru saja melakukan penyegaran terhadap 2 unit armada busnya yang bersasis Mercedes-Benz.
ADVERTISEMENT
Direktur Operasional PO Maju Lancar, Adi Prasetyo, mengatakan langkah ini dilakukan pihaknya guna menggairahkan kembali angkutan umum bus AKAP yang terpuruk selama pandemi COVID-19.
"Harapannya sih bisa menggairahkan kembali transportasi angkutan umum bus ini. Karena di penyegaran ini, kami juga melakukan beberapa penyesuaian yang memang dibutuhkan selama pandemi COVID-19," terang Adi kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut, kata Adi, penyesuaian yang dimaksud itu yakni dengan menambahkan sekat antara ruang kemudi dan penumpang di bagian dalam. Tak hanya itu, penyegaran lain juga dilakukan pada bagian eksterior dan penambahan fasilitas kenyamanan di bagian interior.
Untuk fasilitas yang ditawarkan, rupanya ada perbedaan antara 2 bus ini. Untuk bus kelas VIP memiliki fasilitas toilet, layar monitor televisi, colokan untuk pengisian daya smartphone, ruang khusus merokok, snack dan servis makan.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk kelas di atasnya, yakni Executive, memiliki fasilitas yang sama seperi VIP namun ditambahkan dengan sandaran kaki pada jok, dispenser, serta gratis kopi dan teh sepanjang perjalanan.
Kedua bus itu sendiri menggunakan sasis Mercedes-Benz berkode OH 1526 dengan bodi Jetbus SHD 3+ dan sasis berkode OH 1626 yang dibalut bodi garapan Morodadi Prima.
2 Bus Mercedes-Benz PO Maju Lancar Dapat Penyegaran, Apa Saja Fasilitas Barunya? (15367)
Bus PO Maju Lancar. Foto: dok. PO Maju Lancar
Dua sasis dari Mercedes-Benz ini memiliki spesifikasi mesin yang sama, yaitu diesel 6 silinder berkubikasi 6.374 cc dengan turbo intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai 260 dk dengan torsi puncak 950 Nm.
Perbedaannya hanya ada pada sistem transmisi yang ditawarkan. Untuk sasis OH 1526, sistem transmisinya hanya ada manual 6 percepatan saja. Sementara OH 1626, ada pilihan sistem transmisi lain, yakni otomatik 6 percepatan.
ADVERTISEMENT

Tarif bus PO Maju Lancar

Bagi Anda yang ingin menjajal 2 bus baru ini, PO Maju Lancar membanderol harga tiketnya dengan harga Rp 200 ribu untuk kelas Executive yang punya rute Tangerang - Lebak Bulus - Wonosari, dan Rp 187 ribu untuk kelas VIP dengan rute Bogor - Wonosari.
***