Otomotif23 Agustus 2019 9:00

2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi

Konten Redaksi kumparan
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347107)
Toyota Crown Royal Saloon Foto: dok. Toyota
Dari beragam merk yang berada dibawah naungan PT Astra International, produk Toyota bisa dibilang yang paling potensial untuk dipilih menjadi mobil operasional para menteri kabinet Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
Toyota sendiri saat ini memiliki 2 calon kandidat mobil sedan yang memiliki klasifikasi premium. Kedua mobil itu adalah Crown Royal Saloon hybrid dan Camry hybrid.
Kedua mobil tersebut tentu saja akan menawarkan kemewahan kelas wahid di bagian dalamnya. Lantas, bagaimana spesifikasi lengkap dari keduanya? Berikut kumparan sajikan spesifikasi dari kedua calon kandidat mobil menteri tersebut.
Toyota Crown Royal Saloon Hybrid
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347108)
Toyota Crown Royal Saloon Foto: dok. Jalopnik
Nama Crown Royal Saloon hybrid memang paling potensial untuk dipilih. Selain sebagai sedan termewah dari merek Toyota. Hadirnya varian hybrid juga akan sesuai dengan rencana pemerintah terkait penggunaan mobil elektrifikasi di Indonesia.
Saat ini, Crown Royal Saloon sudah masuk generasi ke-15. Di generasi ini terdapat 3 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.0 liter turbocharger, mesin bensin hybrid 2.5 liter, dan mesin bensin hybrid 3.5 liter V6.
ADVERTISEMENT
Dari ketiga pilihan mesin tersebut, pilihan mesin bensin hybrid 3.5 V6 bisa dibilang adalah kandidat terkuat. Konfigurasi mesin ini menjanjikan tenaga 300 dk dan torsi gabungan mencapai 620 Nm.
Crown Royal Saloon generasi terbaru ini dibangun di atas platform terbaru, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA). Sebagai sebuah mobil mewah, Crown Royal Salon hybrid telah dilengkapi dengan fitur Active Noise Cancelling Technology yang dapat meminimalisir dengan sangat baik suara bising dari luar mobil.
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347109)
Toyota Crown Royal Saloon Foto: dok. Jalopnik
Untuk joknya, Crown Royal Saloon hybrid ini sudah dilengkapi dengan jok yang dapat diatur secara elektrik di seluruh kursi, penghangat dan pendingin jok, paddle shift, dan juga sunroof.
Tersemat juga beberapa fitur canggih lainnya di mobil ini, seperti head up display, kamera 360 derajat, Airbag, sistem pengereman ABS, EBD, Brake Assist, Emergency Brake Signal, Automatic Emergency Braking, Pre Collision System, Lane Departure Warning, Lane Tracing Assist, Hill Start Assist, Blind Spot Assist, Road Sign Assist, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Parking Assist, Intelligent Clearence Sonar, Radar Cruise Control, Automatic LED Headlights, dan Tire Pressure Monitoring System.
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347110)
Toyota Crown Royal Saloon Foto: dok. Toyota
Menyoal sistem infotainmentnya, terdapat 2 layar head unit di konsol tengah dan dasbor yang dapat dioperasikan dengan sentuhan tangan. Sistem infotainment ini juga sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.
ADVERTISEMENT
Di Jepang, mobil ini dibanderol dengan harga 7.187.400 yen atau jika dirupiahkan berkisar Rp 962 juta.
Toyota Camry Hybrid
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347111)
Toyota New Camry Hybrid 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Nama kedua ini juga berpeluang menjadi calon kandidat mobil menteri lainnya. Mobil ini sebenarnya baru diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2019 ini. Berbeda dari Crown Royal Saloon yang punya pilihan mesin bensin hybrid 3.5 liter V6, Camry hanya memiliki mesin bensin hybrid berkapasitas 2.5 liter.
Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga 176 dk dan torsi gabungan hingga 422 Nm. Untuk pilihan transmisinya, Camry hybrid memiliki sistem transmisi otomatik CVT.
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347112)
Toyota New Camry Hybrid 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Bicara soal fiturnya, Camry hybrid ini memiliki ragam fitur keselamatan dan bantuan mengemudi seperti 7 titik Airbag, Vehicle Stability Control, Traction Control, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, Pre Collision System, Lane Keeping Assist, Dynamic Radar Cruise Control, Auto High Beam, serta sistem pengereman ABS, EBD, Brake Assist dan Electronic Parking Brake.
ADVERTISEMENT
Tak lupa untuk menambah kenyamanan di dalam mobil ini, Toyota turut menyematkan sunroof, pengaturan kursi secara elektrik di seluruh kursi, penghangat dan pendingin kursi, pengaturan AC 3 zona, head up display, layar head unit 8 inci dengan 9 speaker dari JBL, dan paddle shift.
2 Kandidat Kuat Calon Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi (347113)
All New Toyota Camry 2.5 Hybrid Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Saat ini Camry hybrid dijual di pasar Indonesia dengan harga Rp 809,4 juta.
Jadi, dari dua calon kandidat mobil menteri kabinet Presiden Joko Widodo, menurutmu mana yang akan dipilih?