Otomotif
·
20 Januari 2021 8:59

2021 Mobil Baru Wajib Punya APAR, Bagaimana dengan Mobil Lawas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
2021 Mobil Baru Wajib Punya APAR, Bagaimana dengan Mobil Lawas? (77802)
Apar pada mobil Foto: Pixabay
Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmi mewajibkan penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil baru mulai 2021.
ADVERTISEMENT
Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 972/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.
Dalam Pasal 2 Ayat 2 dijelaskan, setiap kendaraan bermotor berupa mobil penumpang maupun mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa APAR.
"Iya benar mulai Januari 2021, setiap mobil baru wajib memiliki alat pemadam api di dalamnya," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi kepada kumparan beberapa waktu lalu.
2021 Mobil Baru Wajib Punya APAR, Bagaimana dengan Mobil Lawas? (77803)
Apar pada mobil Foto: Pixabay
Lebih lanjut. pada Pasal 2 Ayat 3 juga dijelaskan bahwa APAR tersebut wajib disediakan oleh pengimpor, pembuat dan atau perakit kendaraan bermotor.
Bila mengacu pada aturan di atas, kebijakan tersebut memang difokuskan untuk mobil baru. Lantas, bagaimana dengan mobil bekas atau yang telah dimiliki?
ADVERTISEMENT
Menjawab hal itu, Budi mengatakan, saat ini memang belum ada aturan yang mengatur kewajiban penyediaan APAR bagi mobil yang telah berusia lawas. Namun apabila ada pemilik mobil lawas yang tetap ingin menyediakan APAR di dalam mobilnya, maka hal itu sangatlah positif.
"Mobil lama kemungkinan belum kena aturan, tapi kami harapkan ke depannya semua kendaraan bisa melengkapi dengan APAR untuk keselamatan," ujar Budi.
2021 Mobil Baru Wajib Punya APAR, Bagaimana dengan Mobil Lawas? (77804)
APAR di dalam mobil. Foto: Dok. Istimewa
Kehadiran APAR di dalam mobil, lanjut Budi, sangatlah penting terutama dalam penanganan pertama apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti korsleting listrik. Dengan hadirnya APAR, potensi mobil hangus terbakar habis pun bisa diminimalisir.
"Misalnya di jalan tol, ada mobil terbakar pasti penanganannya terlambat, karena jarak antar gerbang tol jauh. Jadi diharapkan dengan adanya APAR, bisa tertangani segera atau minimal apabila ada mobil yang melintas bisa membantu memadamkan," terang Budi.
ADVERTISEMENT

Ketahui ukuran, jenis, serta penempatan posisi tabung APAR yang aman

Dalam penyediaan APAR tersebut, pemilik kendaraan juga wajib memperhatikan beberapa ketentuan. Mulai dari ukuran tabung, jenis, serta posisi penempatannya.
Bila mengacu pada aturan yang ada, direkomendasikan APAR di dalam mobil memiliki bobot maksimum 1 kilogram. Sementara untuk jenis APAR-nya, disarankan memilih APAR berjenis serbuk kimia.
2021 Mobil Baru Wajib Punya APAR, Bagaimana dengan Mobil Lawas? (77805)
Apar pada mobil Foto: Pixabay
Hal itu dikarenakan, penggunaan APAR berjenis serbuk kimia dinilai lebih cocok dan ideal untuk memadamkan kendaraan yang punya material mudah terbakar, seperti kelistrikan dan bahan bakar.
Adapun menyoal penempatannya, sebaiknya letakkan di tempat yang mudah terjangkau dan tidak mengganggu posisi berkendara, seperti di laci depan atau di kolong jok penumpang.
Pastikan juga pengemudi selalu memantau tanggal kedaluwarsa serta keterisian dari tabung APAR tersebut. Jangan sampai ketika hendak dipakai dalam kondisi darurat, justru APAR tersebut tidak bisa digunakan.
ADVERTISEMENT
***