kumparan
14 Mei 2019 18:30

3 Jurus Pilih Helm yang Nyaman untuk Perempuan Berhijab

Helm Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Helm jadi piranti keselamatan yang tidak boleh terlewatkan bagi setiap pengendara maupun pemboncengnya. Tak terkecuali perempuan yang menggunakan hijab.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang, rambut yang panjang kemudian diikat ke belakang, atau lipatan hijab, menimbulkan masalah: helm tidak terpasang sempurna alias sedikit terangkat guna ruang rambut tadi. Dengan kondisi ini, berpotensi membuat helm mudah terlepas.
Nah, biar helm tetap terpasang sempurna, Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan membeberkan tiga solusinya, salah satunya pakai helm yang ukurannya lebih besar dari kondisi normal.
  1. Pilih helm yang ukurannya lebih besar
Pengendara wanita yang mengenakan hijab Foto: dok. Federal
“Sebenarnya kan helm enggak diperuntukkan yang pakai hijab, awalnya seperti itu bulat membentuk lingkar kepala saja, tapi waktu berjalan dan kebutuhannya ada, saran saya untuk hijaber pakai satu size di atas normal,” buka Richard saat berbincang dengan kumparan beberapa waktu lalu.
Bukannya tanpa sebab, penggunaan ukuran helm yang lebih longgar itu sebagai ruang tambahan rambut yang diikat, atau model kain hijabnya, sehingga helm bisa terpasang sempurna.
ADVERTISEMENT
  1. Ganti padding yang ukurannya lebih kecil
Belum selesai, ada langkah lain yang harus dilakukan, yaitu mengganti busa halus atau padding helm dengan ukuran di bawahnya. Misal ukuran helm yang dipilih L, maka jangan segan minta ganti padding helm untuk helm berukuran M.
Alasannya jelas, agar helm tidak longgar ketika digunakan. Mengganti padding dengan ukuran yang lebih kecil, maka dipastikan busa helm akan lebih tebal.
Pertamina Bagi Helm Gratis di SPBU Kalimalang Foto: Andreas Ricky Febrian/kumparan
“Kalau ukuran helm lebih besar, pasti pipinya akan longgar, ini bisa disiasati dengan ganti padding yang lebih tebal supaya helm tetap fit in. Biasanya kami rekomendasinya itu, busa pipi lebih tebal, karena memang removable kan,” tambahnya.
Untuk padding helm berbagai jenis open face bermerek RSV ini, bisa didapatkan dengan banderol Rp 125 ribu. Sudah termasuk busa pipi kanan dan kiri, serta padding atas. Namun umumnya untuk pembeli baru, penggunaan padding yang ukurannya berbeda tidak akan dikenai tambahan biaya.
ADVERTISEMENT
  1. Pastikan punya sirkulasi yang baik
Ilustrasi pengendara wanita yang mengenakan hijab Foto: dok. Federal
Terakhir sebelum membawa pulang helm pilihan, pastikan dulu punya sirkulasi udara yang baik. Artinya vent yang tersedia bukan sekadar hiasan belaka. Perhatikan kalau vent punya lubang sampai lapisan EPS (Expanded Polystyrene/Styrofoam), sehingga dapat menyejukkan kepala.
“Kalau untuk hijab rata-rata open face ya kan penggunaan dalam kota, cuma karena kepalanya bisa cepat lembab, pilih helm yang lapisan styrofoam-nya bolong sebagai lubang angin, cara periksanya tiup saja dari vent atau pakai udara bertekanan, kalau ada udara keluar berarti sirkulasinya bagus,” terang Richard.
Bagaimana? Semoga tips di atas tadi membantu ya lady bikers, keep safety riding!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan