kumparan
25 Februari 2018 11:06

3 Motor Terbaik di Gelaran Perdana Final Customaxi Yamaha

Semifinalis Customaxi Yamaha
Semifinalis Customaxi Yamaha (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)
Ajang kontes modifikasi Customaxi Yamaha mencapai puncaknya Sabtu (24/2). Setelah berkeliling di delapan kota di seluruh Indonesia, Jakarta menjadi saksi untuk pemenang kontes motor Maxi Yamaha terbesar ini.
ADVERTISEMENT
Acara puncak yang dilaksanakan di Mall Pejaten Village, Jakarta Selatan diikuti delapan skutik NMax, delapan skutik Aerox, dan delapan skutik XMAX yang sebelumnya menjadi jawara di daerah masing-masing --meski ada dua skutik XMAX juara regional yang tidak diberengkatkan ke Jakarta.
Dalam rangkaian acara pamungkas akan didapatkan empat ketegori juara. Tiga gelar juara untuk modifikasi di kelas masing-masing, dan satu lainnya untuk juara umum alias 'King of Maxi Yamaha Modification'.
Memulai rangkaian acara pada awal Desember kemarin akhirnya terpilih pemenang dari masing-masing kelas. Pertama dari kelas Yamaha Aerox, terpilih Dita Aditya, semifinalis region Surabaya sebagai pemenangnya.
Best Aerox Customaxi
Best Aerox Customaxi (Foto: dok: YIMM)
Meski tidak 'seheboh' kontestan laiinnya, Yamaha Aerox yang dia dandani dengan warna dasar kuning ini berhasil mencuri perharian.
ADVERTISEMENT
"Aku sih sebenarnya kaget kenapa bisa menang, tapi dari kontes ini aku kejarnya konsep bawaan dari pabrikan, jadi kerjainnya detail dan serapih mungkin. Kalo orang liat ini kayak motor standard pabrikan padahal ini kita sendiri yang bikin," jelas dia.
Sedang di kelas Yamaha NMax, gelar juara berhasil dibawa pulang oleh Agus Hadi Purwanto, semifinalis dari region Bandung. Dengan pembawaannya yang tenang Agus memamerkan Yamaha NMax-nya yang dilengkapi dengan jok yang bisa terangkat sendiri.
Best NMax Customaxi dan King of Maxi Yamaha
Best NMax Customaxi dan King of Maxi Yamaha (Foto: dok: YIMM)
"Untuk Modifikasinya saya menggabungkan dari tiga konsep motor, touring, fashion, dan sport," ujar pria yang sebenarnya berasal dari Yogyakarta ini kalem.
Di kelas terakhir, motor paling bongsor dari Maxi Yamaha, Yamaha XMAX persaingan tidak kalah sengit ditunjukan. Hingga akhirnya, Imran Syukri, semifinalis region Makassar yang dinyatakan sebagai pemenang.
ADVERTISEMENT
"Luar biasa, fantastik lah untuk bisa memenagnkan Customaxi (di kelas) XMAX. Dari delapan region kota itu ternyata yang dari Makassar yang jadi juara. Kami juga tidak menyangka," jelas dia.
Lebih lanjut Imran juga menjelaskan konsep skutik bongsor 250 cc-nya yang berwarna dasar kuning ini.
Best XMAX Customaxi
Best XMAX Customaxi (Foto: dok: YIMM)
"Ini (Yamaha XMAX-nya) kan bertema Valentino Rossi. Dan Rossi kan membawa brand Yamaha itu sendiri, sosok itu yang saya tuangkan ke motor ini," jelas Imran
Tidak berhenti sampai di situ, gelar sebagai juara umum dalam ajang ini, 'King of Maxi Yamaha Modification' juga diumumkan untuk menutup rangkaian acara yang melibatkan kontestan dari Medan, Tangerang, Banjarmasin, Makassar, Bali, Surabaya, Semarang, dan Bandung ini.
Agus Hadi Purwanto, yang sebelumnya menjadi juara di kelas Yamaha NMax melengkapi capaiannya dan membuat motornya mendapat gelar sepeda motor modifikasi Customaxi terbaik.
ADVERTISEMENT
Masing-masing pemenang sendiri mendapatkan satu unit sepeda motor Maxi Yamaha dan tentunya gelar motor modifikasi terbaik dari Yamaha.
Juara Customaxi NMax
Juara Customaxi NMax (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)
Melihat kesuksesan acara ini GM Aftersales and Public Relation Yamaha Muhamad Abidin menilai acara ini sebagai cara Yamaha mengayomi konsumennya.
"Setelah dulu Mio fenomenal, sekarang Maxi yang sangat fenomenal. Ini bentuk apresiasi untuk konsumen setia Yamaha," sebut dia.
Lebih lanjut dia menyebutkan bahwa dampak baik dari ajang ini bukan hanya dirasaskan oleh pihak Yamaha ataupun konsumen namun juga pelaku bisnis modifikasi.
"Customaxi ini nyatanya enggak melulu buat Yamaha, saya pernah berkunjung ke satu gerai pembuat jok, orangnya bilang gini 'om, aku tadinya sudah mau tutup nih, tapi gara-gara NMAX, dalam satu bulan bisa dapat 10 (kosnumen) bahkan sampai 50'," cerita Abidin.
ADVERTISEMENT
"Jadi bisa dibayangin bukan cuman bengkel resmi aja, bukan cuman diler, sampai tukang jok aja dapat keuntungan."
Para Pemenang Customaxi
Para pemenang Customaxi (Foto: dok: YIMM)
Melihat kesuksesan acara ini tentu layak dinanti gelaran serupa di tahun mendatang. Apalagi beberapa waktu yang lalu Yamaha baru menambah satu 'adik' dalam line up Maxi Yamaha yakni Lexi yang bisa jadi menjadi kelas baru untuk dikonteskan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan