kumparan
search-gray
Otomotif22 Maret 2018 16:14

5 Aksesori 'Anti-ribet' untuk Dongkrak Tampilan Yamaha NMax

Konten Redaksi kumparan
Yamaha NMax 2018
Yamaha NMax 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Modifikasi sepeda motor semakin marak dilakukan pada sepeda motor. Salah satu kendaraan roda dua yang kerap mendapat polesan adalah Yamaha NMax.
ADVERTISEMENT
"Saya pikir daya tarik Maxi selain komunitas juga modifikasinya yang fleksibel. Banyak bengkel yang memodifikasi NMax. Sekarang kalau lihat di jalan NMax itu jarang kayak asli baru keluar dari pabrik," Sebut Eddy Ang, Deputy GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), beberapa waktu lalu kepada kumparanOTO.
Ya, modifikasi pada skutik (skuter matik) gambot Yamaha ini memang sedang menjadi tren. Selain modifikasi total, penambahan komponen plug and play (PNP) pada Yamaha NMax juga cukup banyak dilakukan.
Banyak keuntungan dari modifikasi PNP, mengangkat penampilan sudah pastinya. Selain itu karena komponennya biasanya sudah tersedia pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan ditambah lagi tidak perlu 'mengganggu' desain asli sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Di antara beragam komponen-komponen PNP untuk Yamaha NMax, ada beberapa komponen yang kerap ditemukan pada skutik premium ini di jalanan. Apa saja? Berikut kami sajikan.
1. Windshield
Tampilan muka kerap kali menjadi bagian yang mendapat perhatian terlebih dahulu. Ubahan pada bagian ini bisa mengangkat total tampilan Yamaha NMax -- mungkin juga sebaliknya. Pada Yamaha NMax bagian windshield menjadi bagian yang cukup sering diganti-ganti.
Bentuk ubahannya pun cukup beragam bergantung pada selera penggunanya.
"Windshield beragam sih, tergantung konsepnya seperti apa, ada yang modelnya untuk touring ada juga yang ingin menonjolkan kesan sporty," jelas Dedi pemilik Teras Bikershop, bengkel yang cukup aktif mendandani Yamaha NMax.
Dedi juga menambahkan untuk komponen ini ragam harga yang ditawarkan bengkelnya ada di kisaran Rp 140 - 400 ribu.
ADVERTISEMENT
2. Spion
Komponen berikutnya yang juga sering diganti adalah kaca spion. Bentuk kaca spion bawaan pabrik yang kurang elok dipandang dan sering mengganggu saat berkendara membuat penggantian cukup sering dilakukan pada komponen ini.
"Biasanya diganti jadi spion tomok, kalau enggak, pake punya (Yamaha) R25," jelas Dedi. Spion tomok yang berukuran relatif lebih kecil membuat Yamaha NMax terlihat lebih ringkas. Sementara spion Yamaha R25 nyatanya juga menjadi pilihan populer --menulis 'spion R25' di mesin pencari Google akan mengarahkan kamu ke tampilan NMax dengen kaca spion motor sport ini. Modelnya yang bisa dilipat membuat skutik gambot ini tetap fungsional di jalan raya dan di saat bersamaan membuat tampilannya semakin garang ala motor sport full fairing.
ADVERTISEMENT
3. Jok
Kalau untuk komponen yang satu ini mungkin lebih ke model Yamaha NMax sebelum model 2018.
Model sebelum mendapat facelift, Yamaha NMax masih menggunakan jok yang belum berkontur antara bangku pengemudi dan penumpang. Tidak heran kalau menurut Dedi bagian ini menjadi yang cukup besar permintaannya dari konsumen.
"Jok rame banget (banyak yang mengganti), makanya kita kasih opsi juga untuk tukar tambah dengan biaya berkisar antara Rp 350-600 ribu," jelas Dedi.
4. Kaki-kaki
Selain Jok, Yamaha NMax model 2018 juga mendapat ubahan penting pada bagian suspensi belakang. Pada model terbaru ini Yamaha menggunakan suspensi dengan tabung alias sub-tank.
Nah, pada model sebelum 2018 suspensi menjadi satu yang cukup banyak dikeluhkan. Tidak heran kalau kemudian banyak orang yang menggantinya. Untuk bagian ini Dedi menyediakan tiga 'kelas'.
ADVERTISEMENT
Yang pertama suspensi (tanpa tabung) dengan harga di kisaran Rp 1 juta biasanya diberi pilihan antara YSS Dtg atau KYB Zeto. Berikutnya di kisaran harga Rp 1,8-2,3 juta biasanya sudah bisa dipilih suspensi belakang dengan tabung. Sedangakan untuk budget di atas itu bisanya sudah memilih menggunakan 'shock kuning', Ohlins.
Yamaha NMax Modifikasi
Yamaha NMax Modifikasi (Foto: Agus Hadi Purwanto)
Ada yang menarik dari pergantian pada bagian kaki-kaki ini. Berdasar cerita Dedi, biasanya konsumen juga melakukan penggantian ban saat melakukan penggantian suspensi belakang.
"Biasa itu yang udah pake setahun, kemudian ganti shock (breaker). Nah, kalo kondisi bannya udah kurang bagus biasanya sekalian diganti, depan-belakang naik satu (jadi 14 inci) biasanya," jelas Dedi.
5. Lampu-lampu
Jujur saja, kalau boleh menunjuk bagian pada Yamaha NMax yang paling tidak menarik adalah bagian lampu belakangnya. Nampaknya opini ini diamini juga oleh banyak pemilik NMax. Tidak heran kalau banyak juga konsumen yang memilih untuk mengganti komponen ini.
ADVERTISEMENT
Teras Bikershop sendiri punya tiga pilihan utama untuk lampu belakang. Yang pertama lampu AES yang bentuknya menyerupai huruf 'X'. Pilihan kedua adalah lampu JPA yang berbentuk tiga garis horizontal tipis. satu lagi pilihan terakhir adalah lampu belakang berbentuk alis yang dibuat sendiri oleh bengkel ini.
Modifikasi Yamaha NMax
Modifikasi Yamaha NMax (Foto: dok. Teras Bikershop)
Dedi juga menceritakan ada juga konsumen meminta menggunakan komponen stoplamp milik Pulsar.
"Ada juga yang minta ganti pake set lampu Pulsar, karena itu komplit, bisa dim (pass lamp lampu depan), bisa hazard juga," jelas Dedi.
--
Nah, itu dia beberapa komponen yang sering mendapat pergantian pada Yamaha NMax. Namun modifikasi kembali lagi ke selera dan konsep yang akan kamu bawa untuk tunggangan kesayangan.
ADVERTISEMENT
Buat kamu yang tertarik untuk malakukan permak pada Yamaha NMax kamu, bisa konsultasi dengan Dedi pemilik Teras Bikershop dengan berkunjung ke bengkelnya yang terletak di Jln Jeruk Raya No. 38, Jagakarsa, Jakarta Selatan di daerah Lenteng Agung.
Bengkel Teras Bikershop
Bengkel Teras Bikershop (Foto: dok. Teras Bikershop)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white