kumparan
9 Oktober 2019 9:40

5 Cara Kembalikan Performa Mesin Diesel

Ilustrasi mesin diesel Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Tak bedanya dengan mesin bensin, seiring dengan waktu penggunaan mesin diesel juga bisa mengendur performanya, seperti tarikan terasa berat dan akselerasinya lambat.
ADVERTISEMENT
Nah buat mendongkrak lagi performanya supaya kembali nyaman digunakan, setidaknya ada lima cara yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil berbahan bakar solar tersebut.

1. Kalibrasi pompa injektor

Penyetelan ulang atau kalibrasi perlu dilakukan pada komponen ini, mengingat usia pemakaian yang lama membuat kinerjanya menurun. Pompa injektor sendiri punya fungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.
Jadi ketika semprotannya tak optimal, tentu saja pasokan bahan bakar ke ruang bakar sehingga pembakaran tak maksimal.

2. Kerapatan waktu injeksi

Langkah kedua yang bisa dilakukan yaitu waktu atau timing injeksi. Ini dimaksudkan untuk mengurangi terjadinya angin palsu, sehingga pembakaran lebih sempurna.
Pakar teknik otomotif Buntarto dalam bukunya 'Pintar Servis Mesin Diesel' menyebut, langkah ini sebaiknya diikuti dengan pengaturan klep supaya lebih rapat.
ADVERTISEMENT

3. Setel turbo, turbin dan intercooler

Selanjutnya Buntarto menyebutkan, jika mobil sudah berteknologi commonrail lengkap dengan turbocharger dan intercooler, penyetelan juga perlu dilakukan pada piranti tersebut.
Misalnya pada turbocharger yang disetel untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar. Caranya dengan meningkatkan kinerja turbin. Begitu juga dengan intercooler, mendinginkan udara yang masuk ke ruang bakar.
Filter udara open air filter. Foto: Muhammad Ikbal / kumparan

4. Ganti filter udara

Bersihkan --untuk jenis washable-- atau ganti filter udara yang sudah kotor atau masa pakainya terlalu lama. Ini bisa memaksimalkan pasokan udara yang masuk, dan pembakaran bisa sempurna.
Nah bisa juga menggunakan filter udara yang minim hambatan seperti jenis open air filter. Maksudnya agar pasokan udara juga bisa mengimbangi semburan bahan bakar yang semakin cepat, setelah dikalibrasinya pompa BBM.
ADVERTISEMENT

5. Piggyback

Ini merupakan aksesori tambahan, yang bisa digunakan untuk memaksimalkan performa mobil diesel. Alat ini sudah banyak beredar di pasaran, dengan beragam merek dan harga.
Komponen ini berfungsi untuk memanipulasi ECU (Electronic Control Unit). Terutama untuk mengatur pasokan bahan bakar, udara dan waktu pengapian, biasanya untuk mendongkrak perfoma kendaraan lebih optimal lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan