5 Hal yang Perlu Dicek saat Test Drive Mobil Bekas

2 Desember 2022 18:31 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi test drive mobil bekas. Foto: TuiPhotoEngineer/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi test drive mobil bekas. Foto: TuiPhotoEngineer/Shutterstock
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Test drive merupakan salah satu tahap yang tidak boleh dilewatkan saat memutuskan membeli mobil. Tak beda dengan mobil baru, ada beberapa hal yang perlu dicek saat Anda melakukan test drive mobil bekas.
Hal ini penting, mengingat foto dan deskripsi penjual tidak cukup untuk memastikan mobil bekas yang akan dibeli dalam kondisi prima. Karenanya, Anda perlu melakukan inspeksi langsung dengan merasakan pengalaman berkendara dengan calon mobil.
Sebagian orang bahkan menyarankan para pembeli mobil bekas untuk membawa mekanik kepercayaan atau teman yang mengerti urusan mobil. Namun jika Anda sendirian, berikut beberapa hal yang perlu dicek saat melakukan test drive mobil bekas.

5 Poin Penting Test Drive Mobil Bekas

1. Akselerasi saat menanjak

Akselerasi mesin yang prima jadi poin utama dalam membeli mobil bekas. Karenanya, saat test drive, cobalah jalanan yang sedikit menanjak. Pada mobil bekas matic, Anda bisa merasakan tenaga dan getaran mobil.
Sedangkan pada mobil manual, Anda bisa memeriksa transmisi mobil dan kampas kopling. Nantinya, saat mengendarai mobil di jalanan yang menanjak, Anda bisa merasakan transmisi dalam kondisi baik atau tidak. Coba lakukan setengah kopling beberapa detik untuk mengeceknya, ya!

2. Kondisi di jalan tidak rata

Ilustrasi mengendarai mobil bekas di jalanan menanjak. Foto: lzf/Shutterstock
Jika sudah mencoba jalan menanjak, cobalah berkendara ke jalanan yang tidak mulus. Pada percobaan ini, ada beberapa poin yang bisa Anda cek, mulai dari suara getaran di interior mobil, suara kaki-kaki yang mengganggu, hentakan karena shockbreaker buruk, dan kenyamanan berkendara lainnya.

3. Fungsi panel instrumen

Panel instrumen yang masih bekerja dengan baik sangat penting demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Pertama, coba cek indikator pada layar kemudi, fungsi infotainment (bluetooth, speaker, dan lainnya), lampu, wiper, AC, locking system, warning light, dan fungsi-fungsi lain pada mobil. Pengecekan kelistrikan ini penting untuk mengetahui apakah mobil pernah terkena banjir atau tidak.
Jika mendapati beberapa sistem panel tidak bekerja, coba tanyakan riwayat bengkel dan riwayat penggunaan asuransi mobil. Jika ada yang mencurigakan, coba tanya lebih dalam pada penjual.

4. Setir, rem, dan persneling

Ilustrasi mobil bekas dengan kondisi interior yang baik. Foto: Danial ADH/Shutterstok
Saat berkendara dan memarkirkan mobil, Anda perlu mengecek tingkat respons pada perpindahan persneling. Pada percobaan ini, Anda akan mengetahui apakah setir mobil juga responsif. Setelah memarkirkan mobil bekas, periksa pula rem tangan.
Jika ada kesulitan saat menarik dan menurunkannya, mungkin ada beberapa masalah pada sistem rem tromol atau cakram akibat tidak dibersihkan secara berkala. Terakhir, coba dengar suara decit saat mengerem dan kecepatan mobil saat pedal gas diinjak.

5. Kebocoran knalpot

Parkirkan mobil bekas yang ingin dibeli di tempat yang bersih, lalu tunggu beberapa saat untuk mengecek knalpotnya. Saat mobil sudah terparkir dengan baik, coba cek sambungan selang di kap mesin. Setelah itu, coba cek kolong atau area knalpot. Jika Anda menemukan noda tetesan mencurigakan, mungkin ada beberapa masalah terkait AC atau radiator.
Anda yang punya minat untuk membeli mobil bekas, bisa gunakan platform layanan (online dan offline) jual beli mobil bekas berkualitas seperti OLX Autos.
Ya, pasalnya OLX Autos memberikan jaminan kepastian bagi pelanggan yang butuh layanan aman, nyaman, cepat, dan mudah dalam transaksi jual beli mobil bekas. OLX Autos memungkinkan para pelanggan mendapat mobil impian karena OLX Autos punya banyak pilihan sesuai budget, memberikan gratis biaya perawatan, dan garansi mesin 30 hari dan 7 hari uang kembali.
Setiap pembeli bisa memilih jadwal dan lokasi test drive-nya sendiri. Ya, OLX Autos, punya lebih dari 22 store OLX Autos yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga pelanggan bisa dengan muda menentukan lokasi test drive. Bahkan, jika sudah menentukan mobil yang akan dibeli, buyer bisa melakukan test drive dari rumah, lho.
Jika sudah siap beli mobil, Anda pun bebas memilih cara pembayaran, lho. Akhir tahun ini, OLX Autos menghadirkan program Gaspoool Akhir Tahun yang menawarkan berbagai keuntungan. Pembeli bisa mendapatkan fasilitas cicilan rendah dari Rp 1 jutaan (daerah Jogja, Solo, dan Semarang) serta fasilitas total down payment (TDP) rendah mulai Rp 1 jutaan (Jakarta, Surabaya, dan Bandung).
Menarik, kan? Sudah punya mobil impian yang akan dibeli? Yuk, kunjungi OLX Autos dan beli sekarang!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan OLX Autos