Otomotif
·
1 April 2021 7:20

5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (760994)
searchPerbesar
Cara membuka pintu bagasi MG ZS Foto: dok. MG Motor Indonesia
Gagang atau handle pintu bagasi mobil umumnya didesain mudah untuk digunakan kala membukanya, sehingga memudahkan akses penyimpanan barang.
ADVERTISEMENT
Tapi ada juga beberapa desain handle pintu bagasi yang terbilang unik. Bahkan mampu mengecoh orang awam, sehingga mengira mobil tersebut tanpa dilengkapi gagang pintu bagasi.
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (760995)
searchPerbesar
Cara buka pintu bagasi Volkswagen Polo. Foto: dok. The Grizzly Father
Sudah barang tentu desain tersebut bakal membingungkan orang yang pertama kali melihat atau memilikinya. Tak jarang banyak juga yang mengira cara membukanya masih mekanikal pakai tuas yang ada di bawah jok pengemudi. Tapi ternyata tidak.
Desainnya malah ada yang menyamar sebagai logo merek, menyatu dengan housing lampu, bahkan ada yang cuma kedok belaka dan tersembunyi. Apa maksudnya?
Ulasan selengkapnya di bawah ini, kumparan rangkum menjadi 5 mobil yang handle pintu bagasinya unik.

1. Tesla

Pertama ada si canggih mobil listrik Tesla, yang semua sistem pengaturan di mobilnya dilakukan terpusat melalui layar monitor sentuh di dashboard. Termasuk cara membuka pintu bagasinya melalui monitor, di Tesla Model Y atau Model 3.
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (760996)
searchPerbesar
Layar monitor sentuh pada mobil listrik Tesla. dok. Motor1
Jadi untuk membukanya cukup pilih menu vehicle, lalu di layar pilih open untuk membuka hood depan atau bagasi belakangnya. Hanya saja metode tersebut berupa opsi, sebab pemiliknya tetap bisa buka bagasi dengan menekan tombol elektrik, di bawah housing lampu pelat nomor.
ADVERTISEMENT

2. Volkswagen Golf dan MG ZS

Kedua ada si ikonik Volkswagen Golf yang ternyata punya sistem dan handle pintu bagasi tersembunyi. Siapa sangka, logo VW yang ada di tengah pintu di bawah wiper belakang adalah handle-nya.
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (760997)
searchPerbesar
Volkswagen Polo. Foto: Volkswagen Indonesia.
Makanya desain buritan mobil, utamanya pintu bagasinya tampak minimalis, terlihat polos tanpa lekukan guna meletakkan pelat nomor. Pelat nomor ditempatkan sejajar dengan bumper.
Cara membukanya mudah, cukup tekan dan dorong huruf V dengan jempol, kemudian logo akan berputar ke arah dalam, selanjutnya tarik huruf W ke atas, maka bagasi akan terbuka. Gagang bagasi ini juga bisa ditemukan pada Volkswagen Polo.
Mekanisme yang sama juga hadir pada mobil MG ZS.

3. Ford Ecosport

Tak kalah menarik, Ford Ecosport juga punya bentuk gagang pintu bagasi tersembunyi. Tapi tidak menggunakan logo Ford yang ada pada bagian kiri pintu bagasi.
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (760998)
searchPerbesar
Tampilan belakang Ford Ecosport. dok. carshowroom
Desainer Ford sengaja melabur bentuk gagang pintunya menyerupai lampu belakang. Kalau kalian jeli, ada perbedaan lampu belakang kiri dan kanan, sebelah kiri yang bening bertindak sebagai lampu mundur, sedangkan kanan tanpa bohlam tapi ada tambahan tombol elektrik pembuka bagasi.
ADVERTISEMENT
Penggunaannya mudah, cukup tekan tombol tadi ban bagasi bisa dibuka. Tapi engselnya berada di sebelah kiri ya, ayunannya ke kiri, bukan kanan seperti mobil buatan Jepang kebanyakan.

4. Suzuki Vitara/Escudo/Sidekick

Terlepas dari bentuknya, model gagang pintu bagasi Suzuki Vitara, Escudo, atau Sidekick boleh dibilang termasuk yang unik. Sebab tak banyak yang menyangka, bahwa housing lampu pelat nomor yang hitam menonjol itu digunakan juga sebagai gagang pintu bagasi.
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (760999)
searchPerbesar
Tampak belakang Suzuki Vitara JX. dok. wikimedia
Membuka pintunya tinggal tekan tuas yang berada di balik housing pelat nomor tersebut sampai bunyi 'ceklak', pertanda pengait pintu bagasi terlepas dan bisa dibuka ayunannya ke kanan, sebab engselnya ke kanan, kebalikannya dari Ford Ecosport.

5. Daihatsu Zebra Espass

Terakhir ada Daihatsu Espass yang menurut kami juga salah satu yang unik, nyeleneh, dan menipu. Kenapa menipu? Sebab banyak yang mengira housing lampu pelat nomornya itu juga bertindak sebagai handle pintu bagasinya.
ADVERTISEMENT
Makanya jangan heran banyak Espass yang lepas komponen cover lampu pelat nomor yang bertuliskan Daihatsu itu. Mungkin saja copot dari dudukannya, karena diduga untuk buka pintu saat ditarik paksa ke atas.
5 Mobil yang Handle Pintu Bagasinya Unik dan Nyeleneh (761000)
searchPerbesar
Daihatsu Espass. dok. wikimedia
Nah mekanisme sebenarnya, buka pintunya seperti mobil Low Cost Green Car (LCGC) kekinian. Memasukkan anak kunci pada slot yang tersedia di bawah pelat nomor, kemudian putar ke kanan. Berikutnya bagasinya bisa terbuka yang ayunannya ke atas.
Kalau menurut Anda, mobil mana lagi yang handle pintu bagasinya unik? Sampaikan di kolom komentar, ya!