Otomotif
·
20 November 2020 10:55

5 Panduan Membeli Mobil Honda Lawas: Estilo hingga Civic Wonder

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Panduan Membeli Mobil Honda Lawas: Estilo hingga Civic Wonder  (116915)
Honda Civic Wonder. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Tren mobil lawas tahun 1980an dan 1990an kini memang sedang naik daun. Banyak para pecinta otomotif, termasuk selebritis, yang kembali berburu mobil lawas untuk dikoleksi dan bernostalgia dengan masa muda dahulu.
ADVERTISEMENT
Dari berbagai mobil lawas yang ada, mobil-mobil 80an dan 90an dari Honda rupanya yang paling banyak diminati. Seperti Honda Civic Estilo, Honda Civic Ferio, Honda Civic Genio, Honda Grand Civic, hingga Honda Civic Wonder.
Laris manisnya mobil-mobil lawas Honda itu, tentu bukan tanpa sebab. Desain-desainnya yang menarik sebagai mobil lawas, mesin-mesinnya yang buas, serta eksistensinya di zaman muda dahulu, jadi beberapa alasannya.
Tak pelak, kini berbagai mobil lawas Honda pun banyak diburu. Tidak hanya yang punya kondisi full orisinil dan terawat, namun juga yang kondisi biasa-biasa saja.
Nah, bagi Anda yang mungkin juga ingin berburu mobil lawas Honda, pemilik bengkel AP Speed, Apre, pun memberikan beberapa tipsnya.

1. Perhatikan bagian bodi

Hal pertama yang harus sangat diperhatikan sebelum berburu mobil lawas Honda, yakni perhatikan seluruh bagian bodi mobil, khususnya pada bagian bawah. Pastikan tak ada indikasi keropos di bagian bodi tersebut.
ADVERTISEMENT
"Pada umumnya, mobil-mobil itu sudah pada keropos-keropos di bagian dekat-dekat sasis. Jadi itu harus sangat diperhatikan, kecuali kalau mobil itu sudah direstorasi pasti bagus, nah kalau bahan sudah hampir pasti ada keropos," kata Apre kepada kumparan beberapa waktu lalu.
5 Panduan Membeli Mobil Honda Lawas: Estilo hingga Civic Wonder  (116916)
Honda Civic Estilo. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Lebih lanjut, kata Apre, pilihlah bodi mobil yang punya tingkat keropos belum parah dan belum sulit untuk diperbaiki. Sebab, bila sudah terlalu parah, tentu akan sangat berbahaya, dan jika diperbaiki pun akan memakan waktu dan biaya.
"Malah kalau menurut saya, lebih baik dapat bodi mobil yang belum banyak keropos tapi mesin mati daripada mesin hidup tapi bodi keropos parah. Karena keropos itu sangat sulit buat diperbaiki dibandingkan mesin," terang Apre.

2. Pastikan wiring kabel lengkap

5 Panduan Membeli Mobil Honda Lawas: Estilo hingga Civic Wonder  (116917)
Ilustrasi kabel mobil Foto: dok. Istimewa
Berikutnya yang tak kalah penting, yakni kelengkapan wiring kabel pada mobil itu. Sebab, kata Apre, bila kelengkapan kabel di mobil tersebut tidaklah lengkap, maka akan sangat menyulitkan ketika membangun bagian lainnya, seperti mesin atau interior.
ADVERTISEMENT
"Selanjutnya sih ya pastikan wiring kabelnya tuh utuh. Jadi jangan sampai ga lengkap. Karena kalau enggak lengkap atau berantakan, ini cukup ruwet juga ngurusnya," tutur Apre.

3. Interior utuh

Sama seperti wiring kabel, hal lain yang juga wajib dipastikan keutuhannya, yakni bagian interior. Semakin komplit dan orisinil interior itu, maka akan semakin bagus.
Karena mencari interior yang komplit dan dalam kondisi baik, bukan perkara mudah. Jika masih ada pun, biasanya akan punya harga jual yang tak murah.
"Interior sih, ya, paling, lebih lengkap perintilannya, lebih orisinal, itu lebih bagus. Apalagi kalo kondisinya masih mulus terawat," ujar Apre.

4. Kaki - kaki

5 Panduan Membeli Mobil Honda Lawas: Estilo hingga Civic Wonder  (116918)
Honda Civic Wonder. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Untuk komponen berikutnya ini, Apre sebenarnya lebih merekomendasikan untuk meremajakan secara keseluruhan. Karena dengan usianya yang sudah puluhan tahun, maka akan jauh lebih aman bila diremajakan.
ADVERTISEMENT
Namun bila memang ada mobil yang masih punya kondisi kaki-kaki sangat baik, maka juga tak ada salahnya untuk dipilih.
"Kalau kaki-kaki sih menurut saya lebih baik diganti semua, diremajakan. Karena sudah umur ya, meskipun dia jarang dipakai, tetapi tetap ada potensi getas, jadi ya lebih aman diganti aja semua," beber Apre.

5. Mesin

5 Panduan Membeli Mobil Honda Lawas: Estilo hingga Civic Wonder  (116919)
Honda B-Series Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Terakhir yang justru dikatakan Apre tak perlu terlalu dipusingkan, yakni sektor mesin. Sebab untuk komponen mesin, ketersediaan komponennya masih sangat berlimpah.
Tidak hanya dari mobil itu sendiri, namun juga dari mobil lainnya yang punya kemiripan komponen. Apalagi, pada bagian ini, biasanya pemilik mobil sudah pasti akan melakukan peremajaan bahkan tak menutup kemungkinan juga melakukan engine swap.
"Mesin tuh malah lebih gampang ya, dia substitusi komponennya juga banyak, misal dari Civic Nouva pakai komponen Grand Civic. Terus parts racing juga berlimpah, copotannya juga banyak," tutur Apre.
ADVERTISEMENT
Nah, itu tadi 5 tips bagi Anda yang berencana berburu mobil lawas Honda untuk direstorasi atau dikoleksi. Jadi apakah Anda juga berminat untuk berburu?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)