Otomotif
·
3 Oktober 2020 17:04

5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217556)
Modifikasi Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Toyota Starlet jadi salah satu mobil retro 80an dan 90an yang banyak dicari dalam beberapa bulan belakangan ini. Popularitasnya yang sempat jadi mobil gaul anak muda pada era 90an, jadi salah satu penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Umumnya, mereka yang kembali berburu Toyota Starlet itu, dikarenakan ingin bernostalgia dengan masa mudanya, dan ingin menjadikan mobil tersebut sebagai salah satu mobil koleksi.
Populasi Toyota Starlet yang tidak banyak, membuat para pemburunya harus bersabar dan teliti. Sebab, apabila terburu-buru dan tidak teliti, bukan tidak mungkin akan mendapatkan unit Starlet yang kurang baik.
"Secara populasi sih banyakan yang Starlet Kapsul. Kondisinya juga cenderung lebih bagus-bagus. Tapi menariknya justru yang sekarang paling banyak diincar itu malah Starlet Kotak, karena bentuknya itu yang retro dan 90an banget," jelas Bima Maliki, kolektor yang juga pemilik showroom mobil bekas klasik, Malique Selatan Djakarta, kepada kumparan beberapa waktu lalu.
5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217557)
Modifikasi Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Karena itu, bagi Anda yang ingin berburu Toyota Starlet bekas, baik itu Starlet Kapsul atau Starlet Kotak, tidak ada salahnya menyimak tips-tips berburu Toyota Starlet berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Surat-surat

5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217558)
Ilustrasi BPKB mobil halaman pertama terdapat hologram. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Hal pertama yang harus diperhatikan, tentu adalah kelengkapan surat-surat. Semakin lengkap surat-surat tersebut, maka harganya pun bisa semakin mahal.
Bahkan, bila surat-surat itu masih tangan pertama dan dilengkapi dengan bukti pembelian pertama kali. Tentu akan jauh lebih istimewa

2. Interior

5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217559)
Interior Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Berikutnya yang harus diperhatikan ketika berburu Toyota Starlet, yakni pada bagian interiornya. Sebab, salah satu tantangan tersulit ketika berburu mobil bekas lawas, yakni mendapat interior yang masih lengkap dan dalam kondisi layak.
Tetap tingkat orisinalitas jadi hal utama yang harus dicek, semakin banyak printilan yang orisinil, seperti setir, jok, audio, itu jauh lebih baik. Lalu usahakan juga kondisinya masih kencang dan belum robek-robek," ucap Bima Maliki.
Lanjut Bima, mendapatkan atau merapikan bagian interior, jauh lebih sulit dibandingkan eksterior dan mesin.

3. Eksterior

5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217560)
Toyota Starlet Kotak. Foto: dok. wikimedia
Setelah memastikan interior dalam kondisi full orisinil dan rapi, barulah periksa kondisi eksteriornya. Sama seperti interior, semakin orisinalitas bagian eksteriornya, maka nilai jual dari mobil itu pun bisa semakin mahal.
ADVERTISEMENT
"Semakin ori cat tersebut, misal belum dicat ulang, maka jauh lebih baik. Apalagi kalo part-part lain seperti lampu atau velg masih orisinil, itu jauh lebih baik lagi kalau memang ingin dikoleksi," jelas Bima.

4. Mesin

5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217561)
Mesin Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Bila kondisi surat-surat, interior, dan eksterior sudah dalam kondisi baik, maka periksalah kondisi mesinnya. Apabila masih menggunakan mesin bawaan dan kondisinya terawat, maka jauh lebih baik.
"Misal mesin masih ori Toyota semua, kondisinya nyala normal, enggak ada overheat, bersih, rapi, enggak ada rembes oli atau kabel berserakan, itu lebih bagus lagi," terang Bima.

5. Kelengkapan

5 Panduan Sebelum Membeli Toyota Starlet Bekas (217562)
Starlet di Toyota Jamboree 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Terakhir yang tidak kalah penting, namun terkadang bisa menaikkan harga jual mobil lawas tersebut, yakni menyoal kelengkapan di mobil itu. Seperti buku manual asli, kunci serep, kunci-kunci roda, dongkrak, atau toolkit.
ADVERTISEMENT
"Intinya, ya, itu. Semakin dia orisinil, semakin dia lengkap komponen orisinalnya, dan semakin kondisi dia seperti saat baru dulu, maka harganya juga bisa semakin mahal, apalagi kalau odometernya rendah," tutur Bima.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)