Otomotif
·
6 Januari 2021 6:11

6 Pabrikan Kompak Setop Produksi Truk Bermesin Diesel

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Pabrikan Kompak Setop Produksi Truk Bermesin Diesel (83411)
searchPerbesar
Truk Mercedes Benz di fasilitas perakitan Wanaherang, Bogor Foto: Dok. Daimler Indonesia
Aliansi produsen truk di Eropa yang terdiri dari Mercedes-Benz, Scania, Volvo, MAN, Iveco, DAF, dan Ford, menandatangani kesepakatan untuk menghentikan penjualan truk Diesel mulai 2040.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan respons lanjutan dari diberlakukannya pengurangan emisi gas buang hingga 50 persen di Uni Eropa. Serta pelarangan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil di Inggris pada 2030.
Mengutip dari The Driven, 6 merek truk tersebut nantinya akan mengganti secara bertahap seluruh produk truk Dieselnya dengan truk bertenaga listrik berbasis baterai dan hidrogen.
Tak hanya itu, keenam merek itu juga telah menyepakati investasi senilai 50 miliar Euro atau setara Rp 852 triliun hingga 100 miliar euro atau setara Rp 1,7 kuadriliun, untuk pengembangan teknologi terbarukan pada truk.
6 Pabrikan Kompak Setop Produksi Truk Bermesin Diesel (83412)
searchPerbesar
Truk Volvo. Foto: dok. Volvo
Dalam pelaksanaan pengembangannya, keenam pabrikan truk yang tergabung di bawah asosiasi produsen mobil Uni Eropa atau UE-ACEA itu, akan bekerja sama dengan Institut Riset Dampak Iklim Potsdam yang juga dibantu didanai oleh pemerintah Jerman.
ADVERTISEMENT
Selain untuk mengembangkan teknologi energi terbarukan, investasi itu juga mencakup infrastruktur pengisian daya di fasilitas umum. Mereka juga mengusulkan agar diterapkannya pajak karbon yang lebih tinggi di seluruh Eropa untuk mendukung program tersebut.
“Jika angkutan jalan barang ingin mempertahankan perannya dalam melayani masyarakat, mereka perlu beralih dari bahan bakar fosil secepat mungkin. Kami siap untuk mewujudkannya, tapi kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami membutuhkan pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama dengan kami," kata Henrik Henriksson, Ketua Dewan Kendaraan Komersial ACEA sekaligus CEO Scania.
6 Pabrikan Kompak Setop Produksi Truk Bermesin Diesel (83413)
searchPerbesar
Truk Scania. Foto: dok. Scania
Menyoal pemilihan teknologi listrik berbasis baterai dan hidrogen, dikatakan Johan Rockstrom, selaku direktur Institut Potsdam, sudah paling tepat dan sesuai dengan infrastruktur di Eropa.
ADVERTISEMENT
Nantinya, kata Johan, teknologi listrik berbasis baterai akan difokuskan pada kendaraan komersial ringan untuk jarak dekat. Sementara untuk kendaraan komersial berat jarak jauh, akan menggunakan teknologi hidrogen.
***