Otomotif
·
19 November 2020 17:55

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653105)
Pilihan bus Sumatera. Foto: dok. kumparan
Layanan transportasi bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) rupanya tak hanya jadi primadona untuk bepergian di dalam Pulau Jawa saja, namun juga untuk keluar Pulau seperti menuju Pulau Sumatera.
ADVERTISEMENT
Ya, sudah sejak zaman dahulu ternyata ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang melayani rute dari wilayah provinsi di Pulau Jawa, menuju provinsi di Pulau Sumatera, begitu juga sebaliknya. Kehadiran PO jarak jauh itu rupanya jadi satu solusi bagi masyarakat yang ingin bepergian namun dengan dana terbatas.
Maklum saja, untuk sekali perjalanan antar Pulau dengan menggunakan bus AKAP jauh lebih murah dibandingkan menggunakan pesawat terbang, meskipun waktu tempuhnya bisa sampai berhari-hari.
Lalu, apa saja pilihan perusahaan otobus yang ada dan hingga kini masih melayani rute dari provinsi di Pulau Jawa menuju Provinsi di Pulau Sumatera? Berikut kumparan sajikan beberapa di antaranya.

1. PO Antar Lintas Sumatera (ALS)

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653106)
Bus baru ALS yang menggunakan Mercedes-Benz dan bodi dari karoseri Adi Putro. Foto: dok. PT Antar Lintas Sumatera
PO satu ini mungkin jadi salah satu bus sumatera yang legendaris dan tetap jadi idola hingga saat ini. Ya, PO yang terkenal akan bus-bus ber-livery hijaunya itu ternyata sudah beroperasi sejak 1966.
ADVERTISEMENT
Rute terjauh yang dilayani PO asal Mandailing Natal Sumatera Utara ini, yaitu dari Medan, Sumatera Utara, menuju Jember di Jawa Timur.
PO yang dikenal rajanya paket itu, kini kabarnya telah memiliki unit armada lebih dari 400 unit. Mayoritas sasis bus yang digunakannya, yakni Mercedes-Benz.

2. PMTOH

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653107)
PO bus PMTOH. Foto: dok. PMTOH
Berbicara soal bus asal Pulau Sumatera, rasanya tak lengkap bila tak menyebutkan PMTOH. PO bernama lengkap Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan ini juga merupakan salah satu PO tertua yang ada di Pulau Sumatera.
Berdiri pertama kali pada 1957 di kota Banda Aceh, PMTOH memasuki masa kejayaannya pada era 1970an hingga awal 2000an. PMTOH juga bisa dibilang sebagai salah satu PO asal Sumatera yang pertama kali melayani rute ke Pulau Jawa pada 1986.
ADVERTISEMENT
Kini, rute terjauh yang dilayani PMTOH, yakni Medan - Solo. Bus yang terkenal akan warna bodi birunya ini juga banyak menggunakan sasis dari merek Mercedes-Benz.

3. PO Anas Nasional Sejahtera (ANS)

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653108)
Bus PO ANS. Foto: dok. PO ANS
Berikutnya juga ada PO legendaris lainnya asal Sumatera, yakni PO ANS. PO asal kota Bukittinggi, Sumatera Barat ini, pertama kali hadir pada 1960an.
Sama seperti PO asal Sumatera lainnya, masa kejayaan dari PO ANS juga terjadi dalam kurun waktu 1970an hingga awal 2000an. Kala itu, bahkan ANS pernah memiliki rute bus terjauh, yakni dari Banda Aceh hingga Bali.
Sayangnya, hadirnya berbagai tiket pesawat murah, membuat eksistensi PO ANS dan PO asal Sumatera lainnya perlahan mulai meredup. Berbagai rute pun dikurangi guna efisiensi.
ADVERTISEMENT
Kini, rute terjauh dari PO ANS, yakni melayani perjalanan dari kota Padang di Sumatera Barat menuju Bandung di Jawa Barat, begitu juga sebaliknya.

4. PO NPM

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653109)
Bus PO NPM. Foto: dok. PO NPM
Perusahaan otobus satu ini mungkin jadi perusahaan bus asal Sumatera tertua yang masih aktif hingga saat ini. Perusahaan bus yang bernama lengkap Naikilah Perusahaan Minang itu pertama kali hadir pada era sebelum kemerdekaan, tepatnya 1937.
Pada awal kemunculannya, PO NPM ini hanya melayani rute dalam provinsi Sumatera Barat saja. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, PO NPM pun terus melebarkan sayapnya dengan membuka rute ke berbagai provinsi di Pulau Jawa.
Sayangnya, lagi-lagi akibat hantaman harga tiket pesawat murah, juga membuat kiprah bus yang terkenal akan warna putih dengan kombinasi hijau, merah, dan kuning ini, perlahan jadi redup.
ADVERTISEMENT
Kini, dengan mengandalkan unit sasis dari Mercedes-Benz, ANS masih melayani rute terjauh, yaitu dari kota Padang, Sumatera Barat, menuju Bandung, Jawa Barat.

5. PO Lorena

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653110)
Ilustrasi bus Lorena. Foto: Instagram/@safari_sragen
Berbeda dari PO lainnya yang memang merupakan PO asal Sumatera, PO satu ini, yaitu Lorena sebenarnya lebih dikenal dahulu sebagai PO di Pulau Jawa.
Didirikan pertama kali pada 1970an, kala itu PO Lorena masih berfokus untuk melayani wilayah Jabodetabek. Barulah pada 1984, Lorena mulai membuka layanan ke Pulau Jawa, Madura, Bali, hingga Sumatera.
PO yang kini telah memiliki lebih dari 500 unit itu, memiliki rute terpanjang, dari Kotabumi, Lampung, menuju Denpasar, Bali.

6. PO Siliwangi Antar Nusa (SAN)

6 PO Bus Idola Warga Pulau Jawa yang Mau Pergi ke Sumatera  (653111)
Bus PO SAN. Foto: dok. PO SAN
Selanjutnya ada perusahaan otobus (PO) asal provinsi Bengkulu, yakni PO SAN. Berdiri pertama kali pada 1978, PO SAN hingga kini masih jadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang mencari bus tujuan Sumatera yang punya pelayanan dan kenyamanan istimewa.
ADVERTISEMENT
Salah satu keunikan yang dimiliki PO SAN ini, yakni penggunaan sasis busnya yang sangat beragam. Mulai dari Mercedes-Benz, Scania, Volvo, Hino, Mitsubishi, FOTON, Dongfeng, Golden Dragon, Yuchai, hingga Weichai.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)