Otomotif
·
26 Mei 2021 11:00
·
waktu baca 2 menit

7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800477)
searchPerbesar
Honda Brio RS dan Brio Satya Baru Foto: dok. HPM
Bukan sulap bukan sihir, Honda Brio sukses menjadi mobil terlaris tahun lalu. Brio mengalahkan dominasi Toyota Avanza yang selama 16 tahun mengamankan mobil yang paling banyak dibeli di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dari dua versi yang dijual, hampir 70 persennya merupakan Honda Brio Satya yang dijadikan model Low Cost Green Car (LCGC), atau mobil terjangkau hemat bahan bakar.
Nah bagi Anda yang tertarik meminangnya, tapi juga terpikat model Honda Brio RS yang tampil lebih sporty sehingga bingung memilih, berikut ini kumparan bantu merincinya ke dalam 7 perbedaan antara Honda Brio Satya dan RS. Semoga bisa jadi referensi sebelum membeli.

1. Eksterior Honda Brio

Dari luar langsung kentara perbedaannya. Seperti disebutkan tadi, versi RS terlihat sporty. Sebab dari belakang dia punya spoiler yang lebih memanjang.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800478)
searchPerbesar
All new Honda Brio tampak samping belakang Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Masih dari area buritan, bumper-nya pakai add on hitam yang memiliki bentuk diffuser bawahnya. Sedangkan yang Satya bumper biasa sewarna body.
ADVERTISEMENT
Kemudian desain grille juga ada perbedaan. Jika versi Satya pakai laburan krom, maka di tipe RS berupa piano black yang memang lebih sedap dipandang.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800479)
searchPerbesar
Honda Brio Satya. Foto: dok. HPM

2. Desain velg

Dari luar sudah berikutnya 'sepatu' dari masing-masing tipe. Tipe RS pakai velg berdiameter 15 inci alloy dua warna: krom dan hitam. Bannya berukuran 185/55 ring 15.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800480)
searchPerbesar
Honda Brio Satya. Foto: dok. Honda Prospect Motor
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800481)
searchPerbesar
Desain velg Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra
Sedangkan Honda Brio Satya tipe E pakai velg ukuran 14 inci yang dilabur kelir silver. Adapun tipe S yang menjadi trim terendah masih pakai velg kaleng 14 inci yang ditutupi dop. Keduanya mengusung ban dengan ukuran 175/65 ring 14.

3. Desain dan pengaturan spion

Berikutnya hal yang lebih mendetail. Yakni spion samping kedua mobil. Honda Brio RS pakai spion sewarna body tapi sudah disematkan sein LED. Tak cuma itu, pengemudi bisa mengaturnya secara elektrik baik arah tampilan maupun pelipat otomatis.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800482)
searchPerbesar
Honda Brio, city car 1.200 cc di Indonesia Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dua tipe di bawahnya juga sewarna body sebenarnya. Tapi tanpa sein LED. Sebagai gantinya lampu seinnya itu disematkan di atas fender dan masih berupa lampu bulb biasa.
ADVERTISEMENT
Kemudian juga minus pelipat otomatis, cuma bisa diatur sudut visibilitasnya dengan memainkan tombol pengaturan di door trim.

4. Beda emblem

Emblem Honda yang tersemat pada keduanya juga punya perbedaan lho. Memang sih dari depan sama-sama punya emblem H besar khas Honda. Tipe RS bagian belakangnya sama, tapi untuk Satya beda mencirikan lambang garuda karena sekali lagi merupakan tipe LCGC.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800483)
searchPerbesar
Honda Brio, city car 1.200 cc di Indonesia Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800484)
searchPerbesar
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Selain itu sebagai penanda trim, Honda Brio RS ditambahkan emblem RS pada bagian depan si bawah grille dan pintu bagasi. Sedangkan Brio Satya hanya ditambahkan emblem bertuliskan SATYA di bawah emblem BRIO.

5. Honda Brio Satya minus wiper belakang

Perbedaan selanjutnya kelengkapan fitur eksterior. Tipe RS dan Satya E lengkap pakai wiper belakang. Hanya saja komponen tersebut tak ditemukan di tipe S.
ADVERTISEMENT

6. Warna interior dan model jok

Selanjutnya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah warna interior. Khusus yang tampil lebih sporty pakai laburan warna serba hitam, ditambah aksen oranye. Desain jok depannya juga punya headrest terpisah, sehingga bisa lebih leluasa mengatur ketinggiannya.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800485)
searchPerbesar
Bagasi all new Honda Brio Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800486)
searchPerbesar
Tampilan interior Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra
Sayangnya untuk Brio Satya pakai jok depan yang model headrest tersambung, seperti buat balapan. Kemudian warna joknya juga terang, beige, makanya cenderung lebih cepat kotor. Namun dashboard-nya hampir sama berwarna hitam.

7. Beda fitur hiburan

Fitur hiburan yang disematkan juga beda ternyata. Lagi-lagi buat yang tipe tertinggi, RS, pakai head unit layar sentuh 6,1 inci dengan koneksi bluetooth. Pengaturannya juga bisa dimainkan melalui tombol di setir.
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800487)
searchPerbesar
Tampilan interior Honda Brio Satya. Foto: Muhammad Ikbal
7 Beda Honda Brio RS dan Tipe LCGC, Bukan Cuma Eksterior! (800488)
searchPerbesar
Tampilan Interior Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra
Sedangkan varian Satya pakai sistem audio 2 DIN. Tapi tetap kekinian karena pakai koneksi bluetooth juga.
ADVERTISEMENT
Adapun fitur keselamatan semuanya sama. Pakai rem Anti-lock Braking System, sabuk pengaman 3 titik semua baris, dan headrest terpisah pada jok belakangnya.