kumparan
search-gray
Otomotif3 Februari 2018 10:01

7 Motor Matik Ramah Kantong

Konten Redaksi kumparan
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14186)
Skutik (Foto: Istimewa)
Motor matik kian mendominasi pasar kendaraan roda dua di Indonesia setelah penjualan motor bebek terus menunjukkan penurunan.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa sebab, motor matik hadir dengan menawarkan akomodasi dan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik ketimbang motor bebek. Apalagi pengendaranya juga lebih praktis, tidak perlu mengoper gigi.
Selain itu perawatannya pun mudah dan sederhana, sehingga banyak orang yang saat ini lebih mengincar motor matik ketimbang motor bebek.
Soal harga, motor matik ditawarkan dari harga murah hingga mahal sekalipun tergantung kebutuhan pembelinya. Motor matik apa saja yang masih dijual dengan harga terjangkau?
Berikut ini ulasan kumparanOTO mengenai deretan 7 matik dengan harga Rp 15 juta-an.
1. Yamaha Mio S
Posisi pertama dihuni oleh debutan keluarga Mio yakni Mio S yang dikenalkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Novermber 2017 lalu.
ADVERTISEMENT
Motor entry-level ini cukup efisien untuk penggunaan dalam kota dengan kapasitas tangki 4,2 liter. Bagasinya tidak terlalu luas sehingga tidak dapat menyimpan helm half face, namun untuk menyimpan jaket, jas hujan, dan tas kecil bukan perkara sulit.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14187)
Yamaha Mio S (Foto: Dok. YIMM)
Tak hanya itu, selain lampu utama sudah LED, Mio S sudah tersematkan answer back, lampu hazard, juga eco indicator guna memandu pengendara berkendara secara efisien.
Soal tenaga, Mio S mengusung mesin 125 cc Blue Core yang menjanjikan tenaga sebesar 9,3 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.
PT YIMM membanderol untuk Mio S terbarunya ini seharga Rp 15,7 juta.
2. Yamaha Mio Z
Masih dari Yamaha, posisi kedua ditempati oleh saudaranya yakni Mio Z, beda dari Mio S, Mio Z tampil lebih sederhana, belum LED dan tampilan speedometer masih analog alias jarum.
ADVERTISEMENT
Soal bagasi, kapasitasnya 10,1 liter, tidak dikatakan luas, hanya mampu menyimpan jaket atau jas hujan ditambah sarung tangan saja. Sama seperti Mio S, tangki bensinnya mampu menampung 4,2 liter bahan bakar.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14188)
Yamaha Mio Z (Foto: Dok. YIMM)
Namun tenang, pengendara akan dimanjakan dengan indicator eco untuk pengendaraan yang lebih efisien.
Mesin 125 cc Blue Core-nya memuntahkan tenaga 9 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.
PT YIMM menjual Mio Z dengan warna-warna yang atraktif dan diniagakan seharga Rp 15,6 juta.
3. Yamaha Mio M3 125
Kemudian masih ada Mio M3 sebagai matik paling ekonomis Yamaha. Sama seperti Mio Z, belum tersematkan lampu LED.
Dimensi, bentuk, dan wujudnya sama halnya dengan Mio Z.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14189)
Yamaha Mio M3 125 (Foto: Dok. YIMM)
Soal mesin, kapasitas bagasi dan tangki bbm juga tidak ada bedanya dengan Mio Z.
ADVERTISEMENT
Perbedaannya terletak pada model spion dan penyematan ban yang tidak selebar Mio Z, selebihnya sama.
Yamaha meniagakan Mio M3 125 ini lebih terjangkau, seharga Rp 15,2 juta.
4. Suzuki Address (series)
Selain Yamaha, Suzuki juga tidak ketinggalan menghadirkan motor matik dengan rentang harga Rp 15 juta-an. Adalah Suzuki Address yang dikenalkan pada tahun 2014 dalam gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS).
Sayangnya Suzuki Address yang dipasarkan belum ‘didandani’ ala motor matik kekinian, belum tersematkan lampu LED dan tampilan speedometer masih analog.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14190)
Suzuki Address (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Mesin 110 cc berpendingin udara ini memproduksi tenaga 8 dk pada 8.000 rpm dan torsi 8,6 Nm pada 6.000 rpm.
Tangkinya mampu menyimpan 5,2 liter bahan bakar, cukup besar untuk sebuah matik. Tidak hanya itu, kapasitas bagasinya yang mencapai 20,6 liter mampu menyimpan sebuah helm half face.
ADVERTISEMENT
Suzuki menyediakan Suzuki Address ini menjadi 3 varian, varian standard, predator, dan playful yang masing-masing dilabeli Rp 15 juta, Rp 15,3 juta, dan Rp 15,4 juta.
5. Honda Beat (series)
Saatnya pindah ke pabrikan lainnya yakni Honda. PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai APM motor Honda menghadirkan Honda Beat yang masuk segmen entry level yang terjangkau.
Honda Beat sukses di pasaran yang juga menjadi kontribusi terbesar penjualan motor Honda di Indonesia.
Honda Beat series mengusung mesin 110 cc PGM-FI yang menjanjikan tenaga 8,4 dk pada 7.500 rpm serta torsi 9 Nm pada 6.500 rpm.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14191)
Honda BeAT (Foto: Dok. AHM)
Tangki BBM-nya mampu menampung 4 liter bensin. Soal bagasi, hanya cukup menyimpan jaket dan jas hujan saja, bagasinya tidak dapat menyimpan helm half face.
ADVERTISEMENT
PT AHM menghadirkan Beat dengan ragam pilihan varian yang sesuai kebutuhan dan dipasarkan dengan rentang harga Rp 14,7 juta hingga Rp 15,8 juta. Terjangkau bukan?
6. Honda Spacy
Selain Beat series, AHM juga meghadirkan matik terjangkau yang mendunia, dia adalah Honda Spacy atau Honda Vision di daratan Eropa.
Selama 7 tahun hadir di Indonesia, belum ada ubahan besar, sehingga melihatnya layaknya motor out of date. Tampilannya bukan melancip dengan garis tegas, Spacy hadir dengan bentuk membulat gemuk yang juga mengartikan kelegaan ruang.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14192)
Honda Spacy (Foto: Dok. AHM)
Namun jangan salah, kelegaan ruang tersebut dibuktikan dengan kapasitas bagasinya yang lapang dan mampu menyimpan helm full face. Tangki bensin pun tidak main-main, besarnya volume 5,5 liter.
Soal jantung mekanis, mesinnya mengusung kubikasi 108 cc yang mengeluarkan tenaga sebesar 8,3 dk pada 8.000 rpm dan torsi 7,8 Nm pada 6.000 rpm.
ADVERTISEMENT
PT AHM membanderol matik yang dikenalkan pada tahun 2011 ini seharga Rp 14,4 juta.
7. Suzuki Nex
Terakhir ada motor paling terjangkau yang bahkan masih dijual di bawah Rp 14 juta, Suzuki Nex.
Desainnya pun tidak ada ubahnya dengan Nex sebelumnya. Berbicara fitur, Suzuki Nex sangat minim. Belum lampu LED, tampilan speedometer masih analog, tidak tersematkan parking brake lock atau side stand switch ala motor matik zaman now.
Namun tenang, Suzuki Nex model sekarang hadir dengan warna yang elegan dan minim striping yang mentereng.
7 Motor Matik Ramah Kantong  (14193)
Suzuki Nex (Foto: Dok. Suzuki )
Saat jok dibuka, terlihat bagasi kecilnya yang hanya berkapasitas 4,8 liter, ruangnya kecil karena berbagi tempat dengan rumah aki, hanya cukup menyimpan sarung tangan, serta jaket berbahan tipis. Tangki bbm pun hanya mampu menampung 3,5 liter bahan bakar.
ADVERTISEMENT
Mesin berkapasitas 110 cc injeksinya mengeluarkan tenaga 9,27 dk pada 8.800 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.500 rpm.
Soal harga, Suzuki membanderolnya seharga Rp 13,1 juta sekaligus menjadikannya matik paling terjangkau di Indonesia saat ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white