kumparan
24 Feb 2019 12:07 WIB

Absennya Fitur ‘Start-Stop Engine’ di Honda Mobilio Terbaru

Honda Mobilio minor change 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi buka selubung Mobilio dengan penyegaran baru, Kamis (21/2). Ini melengkapi deretan model LMPV baru yang meluncur di Tanah Air, di mulai dari Avanza-Xenia, Ertiga dan Livina berbasis Xpander.
ADVERTISEMENT
Namun dari beberapa ubahan, Honda masih belum menyematkan fitur keyless beserta tombol start/stop engine. Padahal teknologi ini sudah mulai populer digunakan di beberapa produk low MPV seperti Xpander, Veloz dan Ertiga.
Padahal bukan tidak mungkin fitur tersebut bisa menggoda konsumen dan mendongkrak lagi penjualan Mobilio, yang sebelumnya sempat anjlok cukup dalam.
Belum hadrinya tombol start/stop engine di kabin Mobilio terbaru. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Menyoal absennya fitur tersebut, Yulian Karfili, Public Relation Asistant Manager Honda Prospect Motor (HPM) menyebut pada pembaruan kali ini, memang tombol start/stop tak masuk dalam daftar yang akan disematkan di Mobilio, dan akan dihadirkan pada siklus penyegaran berikutnya.
“Ya untuk berikutnya. Terkait naiknya harga, tidak sih sebenarnya. Ini kan perubahan yang minor, lebih fokus ke tampilan saja belum ada perubahan fitur yang besar lah gitu. nanti bisa dipikirkan untuk perubahan selanjutnya. Perubahan berikutnya tapi kita tak bisa beri tahu kapan,” kata Karfili saat peluncuran New Mobilio beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Karfili juga beralasan, kosumennya tak begitu tertarik dengan fitur per fitur di Mobilio tapi lebih memperhatikan paket benefit secara keseluruhan. Berdasarkan survey-nya, konsumen lebih butuh performa, efisiensi bahan bakar, dan mobil yang value for money.
“Ya sepertinya bukan fitur per fitur tapi secara keseluruhan. Customer juga sebenarnya mau semuanya (fitur-fitur), tapi yang kami tawarkan value-nya tinggi untuk customer. Jadi bukan fitur per fitur tapi lebih ke whole package, supaya sesuai dengan kebutuhan konsumen,” katanya.
Mulai pada varian paling rendah, ubahan sisi eksterior pada tampilan grille-nya yang kini punya garnis dua layer yang mengapit logo, pelek baru 15 inci dan head unit 2DIN Audio yang memiliki fitur Bluetooth.
Tiper terlaris E, kali ini punya headlight projector dengan LED DRL, velg baru dwi-warna 15 inci seperti model RS sebelumnya, under spoiler (depan, samping, belakang), dan new 6,2 inci layar sentuh resistive dengan Bluetooth, serta kombinasi warna interior baru.
Honda Mobilio tipe RS dengan desain dasbor dan head unit baru.. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Sedangkan Mobilio tipe RS, punya pelek dengan desain baru, antena yang sudah berbentuk sirip hiu (shark fin antenna), lampu belakang berwarna gelap, dasbor baru dengan tambahan aksen oranye, dan head unit baru model floating yang sudah ada di Honda HR-V.
ADVERTISEMENT
Berikut harga lengkapnya Mobilio S M/T Rp 194 juta Mobilio E M/T Rp 214,5 juta Mobilio E CVT Rp 225,5 juta Mobilio RS Rp 237,5 juta Mobilio RS CVT Rp 248 juta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan