Otomotif
·
26 Agustus 2020 18:45

AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini (561450)
Tampilan Interior Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra
AC mobil yang sudah terasa kurang dingin dan hanya mengeluarkan angin saja pastinya mengganggu kenyamanan. Terlebih jika berkendara di kondisi cuaca panas, tentu membuat jengkel siapa pin pengemudi maupun penumpangnya.
ADVERTISEMENT
Pemilik bengkel Spesialis AC Dunia AC, Hasan mengatakan penyebab utama AC kurang sejuk karena adanya kebocoran pada saluran pendingin.
"Paling sering tidak dinginnya AC karena ada kebocoran pada pipa maupun selang jalur AC," kata Hasan saat ditemui kumparan di workshop-nya di bilangan Cipondoh, Kota Tangerang, belum lama ini.
AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini (561451)
Pemeriksaan tekanan freon pada AC mobil. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Nantinya akan dicari sumber kebocoran tersebut. Jika AC sudah tak dingin sama sekali maka harus melakukan pembongkaran pada dashboard mobil. Sementara jika masih menghembuskan udara sejuk, tinggal mengganti selang maupun pipa yang bocor tadi.
"Kita tambah lagi freon-nya, jika normal dan dingin artinya sudah tidak ada yang rusak," kata dia.
AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini (561452)
Kompresor AC mobil. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Namun, jika AC masih tak dingin kemungkinan lain ada masalah pada komponen kompresor AC. Umumnya, kerusakan komponen ini memang terjadi seiring pemakaian dan usia mobil.
ADVERTISEMENT
"Tanda-tanda dia (kompresor) mau rusak adalah suara seperti 'ngorok' ketika AC dalam posisi ON. Suaranya juga bisa masuk ke dalam kabin, nanti bisa merembet ke magnet dan yang lainnya," kata dia.
AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini (561453)
Ilustrasi Sekring Mobil Foto: Istimewa
Hasan menuturkan, tidak dinginnya AC pada mobil bisa terjadi karena beberapa penyebab. Maka dari itu, saran dia sebelum melakukan servis AC, tindakan mandiri yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek sekring (fuse) AC. Umumnya peranti ini ada di bagian bawah dashboard ataupun di dalam kap mesin.
"Jika putus coba ganti yang baru dan kalau normal lagi berarti memang rusaknya di sekring saja. Tapi kalau masih tidak dingin memang harus dicek semua itu," kata dia.

Biaya servis AC mobil

AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini (561454)
Proses flushing AC mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Menyoal biaya servis, khusus di lapaknya untuk mengganti selang AC biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 100 sampai 300 ribu, tergantung merek dan tingkat kebocoran. Sementara untuk isi freon, harganya juga bervariasi mulai dari 150 ribu sampai Rp 400 ribu.
ADVERTISEMENT
Jika diperlukan, pemilik juga disarankan untuk melakukan perawatan kondensor, evaporator AC, dan pembersihan AC.
AC Mobil Sudah Maksimal Tapi yang Terasa Hanya Angin? Cek Komponen Ini (561455)
Ilustrasi service AC Mobil. Foto: Tamara Wijaya/kumparan
"Untuk kompresor tergantung jenis mobil apa ya, saya sarankan untuk menggunakan yang baru dan original. Kita berani pasang yang copotan, tapi tidak kasih garansi," kata dia.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)