Otomotif
·
14 Agustus 2020 18:20

AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon (556126)
Proses flushing AC mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
AC mobil merupakan salah satu fitur yang berguna untuk menambah kenyamanan saat berkendara. AC yang bekerja dengan baik tentu memberikan kesejukan dalam kabin, sehingga bakal berharga keberadaannya tatkala berpergian di siang hari.
ADVERTISEMENT
Lain ceritanya bila sistem AC tidak bekerja dengan baik, salah-salah penumpang atau pengemudinya tidak merasakan hembusan angin dingin melainkan mencium bau yang tidak sedap. Biasanya jika masalah seperti ini datang, orang-orang langsung menyarankan untuk menambah freon.
AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon (556127)
Pengisian freon AC mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Padahal menurut Hendra, pemilik bengkel spesialis Djamin AC di Ciledug, Tangerang, AC mobil yang tidak dingin kemungkinan disebabkan beberapa faktor.
"Kalau AC enggak dingin biasanya kami cek dulu, belum tentu harus tambah freon, bisa sebenarnya tambah freon, cuma mesti diteliti lagi, filter kabinnya ada enggak, kalau enggak ada, itu debu cepat masuk dan larinya ke evaporator blower atau mungkin juga filter silika di kondensornya yang lebih kotor," ujarnya.
AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon (556128)
Ilustrasi Pengharum pada AC Mobil. Foto: dok. Istimewa
Masih dijelaskan Hendra, mobil-mobil keluaran terbaru sekalipun tidak semuanya dilengkapi filter kabin, khususnya mobil yang dijual pada tipe paling standar. Sehingga untuk menyiasatinya, bisa ditambahkan filter kabin aftermarket.
ADVERTISEMENT
"Kotoran yang nempel di filter kabin atau blower itu banyak, bisa dari debu karpet, kotoran di sepatu atau enggak sandal. Solusinya bisa dibersihin atau diganti," jelasnya lagi.
AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon (556129)
Filter Kabin Bosch Foto: Bosch Indonesia
Di bengkelnya, tarif penambahan atau penggantian filter kabin dibanderol mulai dari Rp 100 ribu untuk mobil-mobil Low MPV atau city car yang umumnya memiliki bentuk yang serupa.
Lebih lanjut pada kasus yang lebih berat dan pemilik mobil mengeluhkan AC-nya tidak dingin sama sekali, maka perlu servis 'turun dashboard'.
Pemeriksaan total tadi, termasuk penggantian filter silika pada kondensor, serta penambahan oli pada kompresor memakan waktu sekitar 2 jam. Kemudian bicara biaya servis AC mobil tersebut memakan biaya Rp 400 ribu (belum termasuk tambah freon).
AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon (556130)
Ilustrasi service AC Mobil. Foto: Tamara Wijaya/kumparan
Sedangkan untuk tambah freon, Djamin AC mematok harga Rp 150 ribu untuk satu blower, dan Rp 250 ribu untuk mobil yang memiliki dua blower termasuk penambahan oli kompresor.
ADVERTISEMENT

Saran Hendra biar komponen AC mobil berumur panjang

Hendra menyarankan agar pemilik mobil secara berkala mengecek kebersihan filter kabin, agar hembusan angin selalu terjaga, juga untuk memastikan kerja kompresor agar tidak berat.
"Buat perawatan, selain dibersihkan delapan bulan sekali, ganti filter kabin dengan yang baru, jadi enggak perlu 'turun dashboard', itu udah pasti aman, deh. Saya jamin umur pemakaiannya panjang. Kalau enggak perawatan, itu mobil rewel pasti dua atau tiga tahun lagi," jelasnya lagi.
AC Mobil Tidak Dingin, Jangan Buru-buru Tambah Freon (556131)
Komponen evaporator pada AC mobil yang perlu dibersihkan. Foto: dok. Daihatsu
Jadi ingat, AC mobil kamu yang kurang dingin, belum tentu solusinya dengan tambah freon. Selalu cek secara berkala kebersihan filter kabin mobil kamu ya.
Bagi Anda yang punya masalah ini, bisa langsung coba mengkonsultasikannya ke Djamin AC, di Jalan HOS Cokroaminoto No. 11 (depan Villa Ubud Puri Beta), Ciledug, Tangerang.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona