Adu Spek Hyundai Staria vs Toyota Alphard, Odyssey, hingga V-Class, Unggul Mana?

5 Juli 2021 7:03 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Hyundai Staria Foto: dok. Hyundai
zoom-in-whitePerbesar
Hyundai Staria Foto: dok. Hyundai
ADVERTISEMENT
Rumor kehadiran Hyundai Staria di Indonesia kini semakin menguat. Mobil berjenis MPV itu dikabarkan akan segera diperkenalkan di Tanah Air dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Kuatnya kabar kehadiran Hyundai Staria tersebut, tidak hanya diperkuat dengan sudah munculnya nama Hyundai Staria di dalam informasi NJKB Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, namun juga dari bocoran informasi para tenaga penjual Hyundai.
“Untuk Hyundai Staria akan masuk ke Indonesia tapi untuk detail bulannya kita belum dapat info, baru akan training,” ucap salah satu tenaga penjual Hyundai di Jakarta kepada kumparan, Jumat (2/7/2021).
Wiraniaga Hyundai lainnya juga mengamini hal itu, dirinya menambahkan mobil tersebut kemungkinan baru bisa dipesan setelah keran pemesanan dibuka pada akhir Juli 2021.
“Saat ini tapi belum bisa untuk pemesanan karena masih PPKM Darurat, kemungkinan open inden baru di tanggal 20an bulan ini setelah PPKM Darurat. Kami pun harusnya training minggu-minggu ini tapi ditunda,” jelas wiraniaga Hyundai tersebut pada Minggu (4/7/2021).
Hyundai Staria tampak belakang. Foto: dok. Hyundai
Sebagai pendatang baru, Hyundai Staria diperkirakan akan hadir dan menyasar segmen Big MPV atau MPV Premium. Kehadiran mobil ini, nampaknya diproyeksikan untuk menggantikan kiprah dari Hyundai H-1.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa nama yang diperkirakan juga bakal jadi lawan tangguh dari Hyundai Staria, mulai dari Nissan Serena, Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Honda Odyssey, Lexus LM, Kia Grand Sedona, hingga Mercedes-Benz V-Class.
Hadir dengan tampilan yang futuristik dan mewah, Hyundai Staria nampaknya sangat percaya diri untuk melawan beberapa nama di atas. Tentu saja, berbagai modal penting, mulai dari desain, jantung pacu mumpuni, kabin yang lapang, hingga ragam fitur unggulan, sudah disiapkan Hyundai Staria untuk melawan nama-nama pemain lama tersebut.
Lantas, akan sangat menarik apabila kita coba komparasikan antara Hyundai Staria dengan para rivalnya itu. Mulai dari dimensi, mesin, hingga rentang harganya. Penasaran seperti apa komparasinya? Berikut kumparan sajikan ulasannya.

Dimensi

Bila melihat komparasi dimensi antara Hyundai Staria dengan 7 rivalnya, nampak MPV Hyundai itu jadi salah satu yang paling bongsor meskipun masih sedikit kalah panjang dibandingkan Mercedes-Benz V260 varian Xtra Long Wheel Base (XLWB).
Tampilan depan Mercedes-Benz V260 LWB Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Menariknya, meski Hyundai Staria kalah panjang dibandingkan Mercy V260 varian XLWB, mobil ini unggul dalam hal lebar dan tingginya. Mengacu pada spesifikasi yang ada, Hyundai Staria memiliki dimensi panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 3.273 mm.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk MPV Premium dengan dimensi terkecil dipegang oleh Nissan Serena yang hanya memiliki panjang 4.770 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.865 mm, dan jarak sumbu roda 2.860 mm.
Tampilan samping Nissan Serena C27 Foto: Muhammad Ikbal
Berikut tabel komparasi dimensi antara Hyundai Staria dengan 7 rivalnya.

Mesin

Menyoal jantung pacunya, mesin yang diusung Hyundai Staria memang bukanlah yang paling bertenaga. Mengusung mesin turbo diesel berkapasitas 2.2 liter, mesin itu hanya menetaskan tenaga 175 dk pada 3.800 rpm dan torsi 431 Nm pada rentang 1.500 rpm hingga 2.500 rpm.
Status MPV Premium paling bertenaga, dipegang oleh Toyota Alphard varian Q dan Lexus LM. Keduanya menggendong mesin yang sama, yakni bensin berkode 2GR-FKS yang memiliki spesifikasi V6 24 Katup DOHC dengan VVT-i.
Toyota Alphard hybrid Foto: muhammad ikbal/kumparan
Di atas kertas, mesin itu menghasilkan tenaga 295,8 dk pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 360 Nm pada 4.700 rpm. Adapun, mobil yang memiliki torsi paling besar, yakni Kia Grand Sedona.
ADVERTISEMENT
MPV yang juga berasal dari Korea Selatan itu, hadir dengan mesin turbo Diesel berkapasitas 2.2 liter, sama seperi miliki Hyundai Staria. Meski memiliki spesifikasi mesin yang sama, tenaga dan torsi dari Kia Grand Sedona sedikit lebih besar, yakni 197 dk dan torsi 441 Nm. Tenaga dan torsi itu, sama seperti yang tersemat pada Hyundai Palisade.
Desain depan New Grand Sedona. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Berikut tabel komparasi mesin antara Hyundai Staria dengan para rivalnya.

Harga

Terakhir untuk urusan harga juga jadi salah satu hal yang menarik untuk dikomparasikan. Untuk saat ini, memang belum ada bocoran harga dari Hyundai Staria di Indonesia.
Satu-satunya informasi yang mungkin bisa jadi acuan, hanyalah NJKB dari mobil tersebut. Mengacu pada informasi NJKB di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Hyundai Staria bermesin 2.2 liter, memiliki nilai NJKB sebesar Rp 450 juta. Ini tentu saja bukanlah harga on the road dari Hyundai Staria.
Hyundai Staria. Foto: dok. Hyundai
Bila mengacu pada data tersebut, serta berbagai rumor yang ada, Hyundai Staria diprediksikan bakal dipasarkan dengan rentang harga di bawah Rp 1 miliar.
ADVERTISEMENT
Nah bila dikomparasikan dengan para rivalnya, saat ini MPV Premium yang memiliki harga paling mahal dipegang oleh Lexus LM. Saudara kembar Toyota Alphard dan Vellfire itu diniagakan dengan rentang harga Rp 2,4 miliar hingga Rp 3 miliar.
Lexus LM Foto: Istimewa
Sedangkan MPV Premium termurah dipegang oleh Nissan Serena yang dibanderol dengan harga Rp 465,1 juta hingga Rp 497,7 jutaan. Berikut tabel komparasi harga antara Hyundai Staria dengan para rivalnya.
***