Otomotif
·
24 Agustus 2020 15:32

AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4191)
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM
PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan pusat pelatihan berkendara Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) yang berlokasi di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC), Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Marketing Director PT AHM Thomas Wijaya mengatakan, fasilitas ini adalah pembuktian perusahaan dalam kampanye mereka soal keselamatan berkendara.
"Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita untuk bisa berkontribusi meningkatkan keamanan berkendara. Jadi memang tujuannya untuk masyarakat dan semua pengguna sepeda motor," kata Thomas usai sesi test Honda CBR250RR RR Quick Shifter di AHMSRTC belum lama ini.
AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4192)
Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM
Berdiri di atas lahan 8,5 hektar, fasilitas terbaru ini mampu menampung 15 ribu orang untuk berlatih berkendara setiap tahunnya dengan berbagai sarana dan fasilitas edukasi secara lengkap. Bangunan ini memiliki fasilitas fungsional seperti ruang multifungsi, ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, sarana olahraga serta ruangan penunjang lainnya.
Selain fasilitas bangunan, pusat pelatihan berkendara ini dilengkapi dengan fafety riding course yang dibekali dengan karakter kontur jalan yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia.
AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4193)
Fasilitas pelatihan motor off-road di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM
Nah, untuk fasilitas ini punya luas lahan sampai 4 hektar yang digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor. Mulai dari teknik pengereman, keseimbangan, menikung, dan kegiatan safety riding yang lainya. Untuk lintasan safety riding terbagi menjadi dua opsi, pertama fasilitas on-road yakni aspal dan juga off-road untuk motor garuk tanah.
ADVERTISEMENT
"Harapannya masyarakat bisa lebih aware dan memiliki skill berkendara yang lebih baik. Sehingga tadi, ujungnya keselamatan berkendara bisa dicapai," ucap Thomas.
AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4194)
Fasilitas pelatihan di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM
AHMSRTC juga dilengkapi dengan Kids Traffic Park yang bisa menampung pelatihan terhadap 2.000 anak setiap tahun. Melalui edukasi usia dini, anak-anak diajarkan untuk memahami rambu-rambu lalu lintas, cara menyeberang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia.

Syarat melakukan pelatihan di AHMSRTC

AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4195)
Fasilitas pelatihan motor oN-road di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM
Thomas mengatakan, bagi masyarakat yang tertarik mendalami safety riding di fasilitas ini, AHM menggratiskan biaya pelatihan. Namun dengan catatan harus pengguna motor Honda.
"Untuk publik, kita punya safety riding ini tidak ada pengenaan biaya dan sebagainya. Tapi memang dengan kondisi pandemi sekarang tentu kita mesti memprioritaskan, dalam arti protokol kesehatan," lanjut dia.
AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4196)
Fasilitas pelatihan di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHM
Nantinya, masyarakat yang tertarik harus mendaftarkan diri dan melakukan registrasi untuk dikelompokkan dalam regu pelatihan. Sementara untuk jadwalnya akan diinformasikan lebih oleh pihak Honda.
ADVERTISEMENT
"Nanti kita lihat ada berapa yang registrasi, berapa banyak lalu kita siapkan waktunya. Karena tadi, safety riding ini bukan hanya praktik tapi juga harus ikut kelas materi dan bahkan ada simulatornya," terang dia.
AHM Punya Sirkuit Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara  (4197)
Peserta dan instruktur bersiap melakukan pelatihan Safety Riding Foto: dok. Istimewa
Dengan resmi berdirinya pusat pelatihan safety riding di Deltamas ini, AHM bersama jaringan main dealer Honda sudah memiliki 8 pusat pelatihan yang tersebar dari Serang, Tangerang, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Medan, Surabaya, dan Pekanbaru.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)