Otomotif
·
22 November 2020 18:52

Air Wiper Mobil Mampet? Ini Komponen yang Harus Diperiksa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Air Wiper Mobil Mampet? Ini Komponen yang Harus Diperiksa (667730)
Ilustrasi wiper mobil. Foto: dok. Istimewa
Musim hujan telah tiba, pemilik mobil pun diimbau untuk memeriksa komponen wiper mobilnya. Bukan hanya karet wipernya saja, namun juga penyemprot air pada wiper.
ADVERTISEMENT
Ya, sama seperti karet wiper, peranan penyemprot air wiper ini juga terbilang penting. Fungsinya untuk membantu membasahi kaca mobil yang kering dan berdebu sebelum dibersihkan dengan karet wiper.
Bila penyemprot itu tidak bisa menyemprotkan air, maka pergerakan karet wiper pada kaca yang kotor dan berdebu pun bisa menyebabkan terjadinya baret.
Adapun, penyebab penyemprot air wiper tersebut tidak berfungsi, dikatakan Didi Ahadi, selaku Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), bisa dari 3 hal, yakni nozzle, motor washer, dan selang.
"Pertama yang paling mudah cek dulu nozzle-nya atau lubang penyemprot airnya. Bisa jadi ketutup kotoran debu dan sebagainya," kata Didi kepada kumparan belum lama ini.
Air Wiper Mobil Mampet? Ini Komponen yang Harus Diperiksa (667731)
Wiper Daihatsu Taft Foto: dok. Motor Fan via Daihatsu
Bila terlihat kotor atau tersumbat, maka bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi atau ditusuk dengan jarum pada bagian lubang nozzle-nya.
ADVERTISEMENT
Lalu, apabila sudah dibersihkan namun air wiper tak mau keluar, maka berikutnya periksalah motor washer yang menempel pada tangki air washer.
"Coba difungsikan washer-nya, dipencet dia berfungsi apa tidak motor washer-nya. Kalau tidak ada tanda-tanda berfungsi, maka bisa diperbaiki motor washer-nya itu atau diganti baru," jelas Didi.
Air Wiper Mobil Mampet? Ini Komponen yang Harus Diperiksa (667732)
Ilustrasi menuangkan cairan wiper mobil Foto: dok. Istimewa
Bila dua langkah awal itu sudah dilakukan, namun lagi-lagi air wiper tak mau menyemprot, maka selanjutnya cek bagian selang dari tabung washer menuju nozzle. Perhatikan apakah ada indikasi bocor atau tidak seperti akibat gigitan tikus atau faktor usia.
Jika memang ada indikasi kerusakan, solusi satu-satunya yakni mengganti selang itu dengan yang baru.
Dengan mengetahui 3 hal itu, kata Didi, maka sudah seharusnya pengemudi bisa melakukan pengecekan lebih dahulu terhadap fungsi air wiper mobilnya sebelum berkendara di situasi hujan deras.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)