kumparan
19 Februari 2018 18:36

Alasan Suzuki Belum Putuskan Rencana Produksi Ignis di Indonesia

Peluncuran Suzuki Ignis Sport Edition
Peluncuran Suzuki Ignis Sport Edition (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Suzuki Ignis berhasil merebut kuasa Honda Brio RS di segmen city car. Mobil perkotaan Suzuki membukukan angka distribusi sebesar 14.157 unit.
ADVERTISEMENT
Kendati sudah meraih torehan manis, Suzuki masih ragu untuk memproduksi Ignis secara lokal di Indonesia. Padahal, angka distribusi di Januari 2018 ini, mereka masih menjadi yang terbanyak dengan torehan 1.922 unit.
GM Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), R. Uchiki mengatakan belum memiliki rencana matang untuk produksi Ignis secara lokal.
“Jika dilihat segmen city car di Indonesia itu sangat kecil, tidak seperti multi purpose vehicle (MPV) yang pasarnya sangat besar di Indonesia. Kalau kami (Suzuki) berinvestasi besar ke arah sana dikhawatirkan akan sangat berisiko. Walaupun dari segi penjualan, Ignis memiliki angka yang cukup baik,” tutur Uchiki saat ditemui dalam acara Media Plant Visit, di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat,Senin (19/2).
Peluncuran Suzuki Ignis Sport Edition
Peluncuran Suzuki Ignis Sport Edition (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Sementara itu, pernyataan Uchiki ini tak berbeda jauh dengan Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Ismi Saputra saat peluncuran Suzuki Ignis Sports Edition pada 26 Januari lalu.
ADVERTISEMENT
Menurut Donny, angka penjualan yang bagus belum tentu membuat mereka yakin bahwa memproduksi Ignis di Indonesia adalah keputusan tepat.
"Pasar itu kan enggak serta-merta ada saat produk diluncurkan, harus kami bentuk dulu (pasarnya) jadi saat kami perkenalkan (pasar) sudah siap," katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan