Otomotif
·
27 November 2020 11:06

Alasan Yamaha Indonesia Ogah Jualan Matik 110 Cc

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Yamaha Indonesia Ogah Jualan Matik 110 Cc (607858)
Mesin dan ban belakang Yamaha Gear 125 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Yamaha jadi salah satu produsen motor yang memiliki line-up motor matik cukup banyak. Setidaknya, dari laman resmi mereka, Yamaha meniagakan 15 motor matik termasuk produk matik flagship seperti XMAX dan TMAX.
ADVERTISEMENT
Namun sejak beberapa tahun belakangan, Yamaha tak lagi memproduksi dan meniagakan motor matik dengan kubikasi mesin 110 cc. Kini, untuk semua varian entry level matik mereka dibekali mesin 125 cc.
Alasan Yamaha Indonesia Ogah Jualan Matik 110 Cc (607859)
Ilustrasi Yamaha Mio Sporty. Foto: dok. Istimewa
Padahal dulu, Yamaha bisa dibilang jadi pionir kesuksesan motor matik di Indonesia dengan produk matik bermesin 110 cc-nya. Saat itu matik yamaha 110 cc yang eksis adalah Yamaha Nouvo pada 2002, disusul Yamaha Mio di 2003, dan meluncurkan Mio Soul.
Nah, merespons itu, pada 2006, Honda mulai melawan dominasi Yamaha dengan meluncurkan Vario 110 cc. Dari 2006 hingga sekarang Honda masih menjual produk 110 cc mulai dari BeAT series, Scoopy, dan Genio.
Alasan Yamaha Indonesia Ogah Jualan Matik 110 Cc (607860)
Ragam motor matik Yamaha Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Lalu mengapa Yamaha Indonesia justru berekspansi dari 110 cc menjadi 125 cc? Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Anton Widiantoro mengatakan kini paradigma berpikir konsumen sudah berubah, mereka tak hanya ingin mendapatkan motor yang irit tapi juga ingin yang bertenaga.
ADVERTISEMENT
"Yamaha bukan tidak bisa membuat motor irit saat itu, kompetitor pasti image-nya pun sampai sekarang lebih irit. Nah jika kita hanya sekadar mengejar irit ya apa bedanya kita sama mereka, enggak ada value yang lebih bisa kita tawarkan kepada konsumen," kata Anton di Jakarta belum lama ini.
Alasan Yamaha Indonesia Ogah Jualan Matik 110 Cc (607861)
AHM meluncurkan Honda BeAT terbaru, Kamis (16/1). Foto: Bangkit Jaya Putra
Secara produk Anton mengakui jika produk kompetitor memang terkenal dengan keiritan bahan bakar. Tapi dia mengatakan motor tak selamanya soal keiritan bahan bakar saja.
"Makanya kita bilang kalau kita keluarin 110 cc dan kita klaim bertenaga, lebih bertenaga mana dengan 125 cc. Makanya lewat Blue Core kita menjawab kebutuhan itu, bukan cuma irit tapi bertenaga," kata dia.
Alasan Yamaha Indonesia Ogah Jualan Matik 110 Cc (607862)
Yamaha Gear 125 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dari konsep itulah mengapa kini Yamaha Indonesia tak lagi meniagakan motor matik berkubikasi 110 cc. Anton menjelaskan lewat matik 125 cc dan teknologinya ingin menjawab isu soal keiritan bahan bakar.
ADVERTISEMENT
"Kita ingin menjawab isu bahwa motor yang irit hanya yang cc yang rendah. Secara logika iya, tapi justru kita berpikir memberikan value tambahan ke konsumen," imbuh dia.
Anton melanjutkan saat ini skutik 125 cc Blue Core-nya sudah lebih dari cukup. Jadi, motor matik yang mereka banderol paling murah pun sudah memakai mesin khas Yamaha tersebut.